Cara Jepang Bikin Pelawaknya Mendunia

Pelawak jepang yang berkarier di luar negeri.
Sumber :
  • Finalia Kodrati/VIVA

VIVA – Jepang sedang giat mengekspose dunia hiburannya ke seluruh negara di dunia. Beberapa tahun belakangan ini, Jepang sedang fokus mengembangkan dunia hiburan mereka, terutama seni melawak ala Negeri Matahari Terbit tersebut. Dari tahun 2015, tepatnya di Okinawa Film Festival mengirimkan artis dan pelawaknya di sejumlah negara di Asia, mulai dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina.

Cerita Kengo Kora Dimarahi Sutradara Terkenal Jepang

Dalam mengembangkan program yang diberi nama Sumimasu Asia Geinin, MCIP Holding bekerjasama dengan Yoshimoto Company ini memiliki tujuan untuk mempromosikan lawakan ala Jepang yang dikenal dengan nama Manzai.

Di Indonesia sendiri para perwakilan komedian Jepang ini sudah sangat terkenal, seperti Genki Sadamatsu, The Three dan Akira.

Kembalinya Sutradara Jepang Sadao Nakajima usai Absen 20 Tahun

Mereka telah memiliki penggemar masing-masing. Bahkan The Three videonya ditonton 15 juta penonton. Sedangkan Genki yang juga ikut membintangi film Bayang yang mewakili Indonesia di Kyoto International Film and Art Festival 2018, memiliki subscribe 200 ribu. Ia juga dikenal sebagai Youtuber.

Kini, mereka mulai mengirimkan pelawaknya di Myanmar. Di Myanmar mereka mengirimkan pelawak wanitanya, Mari Midorikawa. Ada juga pelawak lainnya, Tigers yang terdiri dari tiga orang, dan Akii yang sudah 5 tahun menetap di Myanmar karena ikut orangtua.

Aktor Tampan Jepang Tertantang Cicipi Kuliner Indonesia

"Mengembangkan konten baru bukan hanya di Jepang tapi juga ke seluruh Asia. Menghasilkan talent-talent pelawak, Idol dan lainnya," kata Hideaki Shimizu selaku President dan CEO MCIP Holdings di Hotel Kyoto Okura, Jumat, 12 Oktober 2018.

Selain itu, mereka juga sedang fokus merencanakan untuk mengembangkan digital content dan juga studio musik serta studio untuk pembuatan video musik.

Sementara itu Presiden dan CEO Cool Japan, Naoki Kitagawa mengungkapkan bahwa bahwa dunia hiburan dan seni Jepang masih menarik perhatian publik dunia. Ia menyebutkan salah satinya adalah anime.

Ia mengungkapkan takjub bahwa gelaran Anime Festival Asia yang digelar di Indonesia memiliki banyak penggemar. Dan rata-rata para pengunjung fasih berbahasa Jepang. Ia menambahkan bahwa fakta itu menjelaskan bahwa anime masih sangat kuat.

Pelawak jepang yang berkarier di luar negeri..

Para komedian yang berkarier di luar negeri diminta menceritakan pengalamannya selama menetap di negara yang ditinggali. Genki yang berkarier di Indonesia ditanya soal mempelajari bahasa Indonesia. Genki mengaku belajar Bahasa Indonesia dengan banyak berlatih,dan kadang mengajak ngobrol pedagang pinggiran.

"Dan kalau punya pacar orang asli ya belajar dari dia," kata Genki. "Apakah Anda memiliki pacar di sana?” tanya VIVA,  Genki menggelengkan kepala sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya