Cara Jepang Bikin Pelawaknya Mendunia

Pelawak jepang yang berkarier di luar negeri.
Pelawak jepang yang berkarier di luar negeri.
Sumber :
  • Finalia Kodrati/VIVA

VIVA – Jepang sedang giat mengekspose dunia hiburannya ke seluruh negara di dunia. Beberapa tahun belakangan ini, Jepang sedang fokus mengembangkan dunia hiburan mereka, terutama seni melawak ala Negeri Matahari Terbit tersebut. Dari tahun 2015, tepatnya di Okinawa Film Festival mengirimkan artis dan pelawaknya di sejumlah negara di Asia, mulai dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina.

Dalam mengembangkan program yang diberi nama Sumimasu Asia Geinin, MCIP Holding bekerjasama dengan Yoshimoto Company ini memiliki tujuan untuk mempromosikan lawakan ala Jepang yang dikenal dengan nama Manzai.

Di Indonesia sendiri para perwakilan komedian Jepang ini sudah sangat terkenal, seperti Genki Sadamatsu, The Three dan Akira.

Mereka telah memiliki penggemar masing-masing. Bahkan The Three videonya ditonton 15 juta penonton. Sedangkan Genki yang juga ikut membintangi film Bayang yang mewakili Indonesia di Kyoto International Film and Art Festival 2018, memiliki subscribe 200 ribu. Ia juga dikenal sebagai Youtuber.

Kini, mereka mulai mengirimkan pelawaknya di Myanmar. Di Myanmar mereka mengirimkan pelawak wanitanya, Mari Midorikawa. Ada juga pelawak lainnya, Tigers yang terdiri dari tiga orang, dan Akii yang sudah 5 tahun menetap di Myanmar karena ikut orangtua.

"Mengembangkan konten baru bukan hanya di Jepang tapi juga ke seluruh Asia. Menghasilkan talent-talent pelawak, Idol dan lainnya," kata Hideaki Shimizu selaku President dan CEO MCIP Holdings di Hotel Kyoto Okura, Jumat, 12 Oktober 2018.

Selain itu, mereka juga sedang fokus merencanakan untuk mengembangkan digital content dan juga studio musik serta studio untuk pembuatan video musik.