Keren, Film Sultan Agung Diputar di Amerika Serikat

Ario Bayu bintangi film Sultan Agung
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Persatuan Mahasiswa Indonesia di Washington DC (Permias DC) sukses menggelar pemutaran film Sultan Agung di The George Washington University (GWU). Acara pemutaran film terbaru karya Hanung Bramantyo ini dihadiri oleh sekitar 100 penonton lebih dari kalangan mahasiswa, akademisi dan umum.

Reza Rahadian Dianggap 'Terlalu Cantik' untuk Jadi Sultan Agung

Dalam keterangan tertulis kepada VIVA, Permias DC bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Los Angeles Independent Film Festival (LAIFF), Organization of Asian Studies di GWU, dan Sigur Center for Asian Studies di GWU dalam pemutaran film tersebut. Pemutaran film dilakukan di Harry Harding Auditorium, Elliot School of International Affairs, GWU.

Presiden Permias DC, Aldwin Yusgiantoro menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia melalui film nasional. Ia menganggap sudah menjadi tugas pelajar Indonesia yang sedang mengenyam Pendidikan di negeri Paman Sam ini untuk berkontribusi kepada bangsa dengan cara-cara apapun yang positif.

Hanung Bramantyo Akui Membuat Film Sultan Agung Itu Berat

“Kami sebagai pelajar Indonesia di sini punya semangat yang kuat untuk mempromosikan Indonesia dan menanamkan citra positif bangsa kita kepada masyarakat di Amerika. Selain itu, kami juga berupaya menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada diaspora Indonesia melalui film sejarah ini,” jelas Aldwin.

Nobar di Amerika Serikat

Jokowi Puji Mooryati Soedibyo: Usia 90 Tahun tapi Masih Kekinian

Film Sultan Agung merupakan sebuah film yang menyajikan cerita sejarah Kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Abdullah Muhammad Maulana Mataram (Raden Mas Rangsang) melawan penjajahan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada abad ke 17 Masehi. Budaya Indonesia sangat kental di film ini.

“Kita mengapresiasi pemutaran film ini karena memuat konten nasionalisme. Jadi diaspora Indonesia dan warga Amerika yang menonton film ini mendapatkan pemahaman mengenai sejarah bangsa kita,” ujar Theo Nugroho, Konsuler KBRI DC.

Salah satu aktor yang bermain dalam film Sultan Agung, MarthinoLio menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah menyelenggarakan pemutaran film ini dan dapat dikenal oleh masyarakat internasional.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Permias DC atas penyelenggaraan diputarnya film Sultan Agung dan semoga kegiatan seperti ini makin sering di lakukan di Amerika Serikat dan dunia internasional lainnya," ujar sang aktor. (fin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya