Film tentang Wapres AS Dick Cheney Jadi Sorotan di Berlinale 2019

Film tentang Dick Cheney di Berlinale 2019
Sumber :
  • VIVA/Miranti Hirschmann

VIVA – Kisah yang menggambarkan sosok mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Dick Cheney diangkat dalam sebuah film berjudul Vice, besutan sutradara pemenang Piala Oscar, Adam McKay. Walau masuk dalam kategori Kompetisi Berlinale 2019, film ini tidak masuk dalam penjurian untuk merebut The Golden Bear (Out of Competition).
 
Tokoh Dick Cheney yang misterius penuh taktik sekaligus ayah yang hangat dan bertanggung jawab diperankan dengan gemilang oleh Christian Bale. Ia pun diganjar Piala Bafta (The British Film Academy Award) 2019 di London, Senin lalu, yang sayangnya tidak dihadiri oleh Bale. Nampaknya Bale memilih untuk berada di Berlin. 

Intip 7 Bintang Baru Marvel, dari Lady Gaga Hingga Harry Style

Film ini dimulai dengan pertanyaan siapakah Dick Cheney. Cheney dalam film ini digambarkan sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat yang pengaruhnya paling kuat sepanjang sejarah Amerika. Bagaimana perjalanan hidup Channey, yang sempat gagal kuliah, menjadi pekerja lapangan pada jaringan listrik di gurun-gurun Wyomming, masuk dalam lingkaran Gedung Putih, menjadi petinggi perusahaan minyak raksasa Halliburton, hingga menjadi Wakil Presiden George W Bush. 

Perannya dalam perang Irak pasca serangan 911 gamblang digambarkan dengan gaya black humour. Tokoh Dick Cheney tak lepas dari dukungan istrinya yang cerdas, Lynne Cheney (Amy Adams). Pengaruh Cheney dalam perang Irak yang menewaskan ratusan ribu orang tak pernah disesalinya hingga hari ini.  

Christian Bale Diincar Jadi Penjahat Alien di Thor: Love and Thunder

Dalam jumpa pers Berlinale 2019, Adam McKay menyebut filmnya sebagai sebuah tragi-komedi. Salah satu putri Cheney merupakan salah saltu follower di akun twitter McKay, "Tapi hingga hari ini mereka belum pernah menulis apapun pada saya", ungkap McKay. 

Berlinale adalah film festival yang banyak mengedepankan isu Hak Asasi Manusia, perempuan, politik, dan lingkungan.(ben)

Christian Bale Diincar Marvel Bintangi Thor: Love and Thunder
Happy Salma

Diperankan Happy Salma, Film Nana Masuk di Festival Film Berlin

Film Nana bersaing dengan 17 film lain dari Prancis, Jerman, Meksiko dan Korea.  Tokoh utama film ini, seorang perempuan Sunda bernama Nana, diperankan Happy Salma.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2022