Kontroversi Sudut Dilan, Begini Jawaban Pidi Baiq

Dilan 1991
Sumber :
  • Max Pictures

VIVA – Pidi Baiq sebagai penulis novel Dilan, buka suara terkait Sudut Dilan yang menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Dia mengaku enggan masuk dalam persoalan tersebut. Pidi menyatakan tetap menghormati semua pendapat dari berbagai kalangan, baik itu yang mendukung atau menolak rencana pembangunan Sudut Dilan di Bandung.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

"Saya sih tetap pada sikap harus menghargai orang yang rencana mau bikin Dilan Corner (sudut), saya juga sangat menghargai orang yang menentang rencana itu," ujar Pidi saat dihubungi, Jumat 1 Maret 2019.

"Karena buat saya pribadi, saya tetap imam besar The Panas Dalam, mau ada Dilan Corner atau pun enggak," lanjutnya.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Siap Digarap, Muhammad Adhiyat Jadi Pemeran Dilan Kecil

Kendati begitu, pria berusia 46 tahun ini, tak menampik sempat menjalin komunikasi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebelum mencetuskan Sudut Dilan.

"Karena saya yang bikin Dilan, pastinya apa yang menyangkut soal itu, akan izin lebih dahulu ke saya.  Dan saya sudah bilang, saya selalu ingin jadi orang yang bisa menghargai ide dan pendapat orang lain, bahkan ketika ada yang menentang rencana itu, saya juga menghargainya dengan sangat," katanya.

Atalia Praratya Istri Ridwan Kamil Main Film di Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995

Pidi menyerahkan kepada pihak tentang rencana pembuatan Sudut Dilan. Dia enggan terjebak dengan polemik yang akhir-akhir ini terus bergulir.

"Mau ada yang bikin Taman Dilan, silakan. Tidak dibikin Taman Dilan, silakan. Mau ada yang bilang buku dan film Dilan bagus, silakan. Mau ada yang bilang buku dan film Dilan tidak mendidik, silakan," ujarnya. 

Verona Films

Verona Films Siap Meriahkan Bioskop Indonesia dengan Produksi 5 Film

Beberapa sineas ternama di film Indonesia, seperti Pidi Baiq, Guntur Soeharjanto, Emil Heradi, Dedy Mercy, dan Findo Purwono H.W, telah berkomitmen untuk bekerja sama.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024