Balik Jadi Penulis, Rano Karno Raih Penghargaan

Rano Karno
Sumber :
  • VIVA/ Ichsan Suhendra

VIVA – Aktor, penulis, sutradara dan mantan Gubernur Banten, Rano Karno, jadi Penulis Skenario Terbaik dalam ajang Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2019. 'Si Doel The Movie' yang mengantarkan dirinya meraih prestasi tersebut.

Pilkada Tangsel, Putri Ma'ruf Amin Sampai Aktivis ICW Temui Rano Karno

"Skenario Si Doel dibuat tahun 1982. Juri menilai ini, saya bisa menjaga konsistensi cerita," kata Rano saat ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta, Jumat malam, 5 April 2019.

Rano menduga kemenangannya karena berhasil mempertahankan konsistensi cerita. Penghargaan ini punya nilai historis baginya. Setelah dari 1982, Rano baru menghidupkan Doel pada 2016.

Promo Si Doel, Alasan Rano Karno Baru Penuhi Panggilan Pengadilan

"Saya sangat yakin, bukan dinilai film semata. Tapi perjalanan karya dari karakter semuanya di film ini, yang jadi sebagai kelebihan dalam cerita ini," ujarnya.

Rano pun bersyukur di umurnya saat ini masih memiliki arti bagi insan perfilman. Meski teknologi terus melaju, Rano masih bisa mengimbangi dan membangkitkan Doel kembali.

Rano Karno Siap Bersaksi Senin Pekan Depan

Rano sempat vakum dari dunia a karena karier politik. Namun selama itu, Rano tidak berhenti berkarya.

"Dulu saya jadi birokrat, setiap hari saya menulis, jadi tidak terlalu sulit lagi menulis ketika sudah selesai," katanya.

Dalam nominasi tersebut,  Rano berhasil mengungguli Johanna Wattimena & Upi (Teman Tapi Menikah), Putrama Tuta, Ilya Sigma, Jaka Semnada (A Man Called Ahok), Titien Wattimena & Pidi Baiq (Dilan 1990) dan Ernest Prakasa & Meira Anastasia (Milly & Mamet).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya