Kakak Beradik Diam-diam Bikin Film Animasi di Hollywood

Kakak beradik, Cheverly Amalia dan Ruksima
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Artis dan sutradara Cheverly Amalia bersama adiknya, Ruksima diam-diam memproduksi film animasi Fireflies. Fireflies sendiri sudah tayang perdana di Warnerbros studio di Hollywood, Amerika Serikat pada bulan Januari 2019 lalu kini sedang diikut sertakan ke festival dunia.

Momen Cheverly Amalia Nyoblos Pemilu di New York, Antre Sampai 2 Jam

Kini, Cheverly tengah menggarap videoklipnya di Indonesia. Bertempat di Jakarta, Cheverly dan Ruksima mengambil beberapa lokasi dan spot yang menunjang videoklip Fireflies tersebut, salah satunya di kawasan Ancol.

Ruksima sendiri merupakan Diaspora Indonesia yang terjun ke bidang animasi stop-motion di Los Angeles. Dalam pembuatan videoklip, Cheverly Amalia bertindak sebagai sutradara, sedangkan Ruksima sebagai animator stop-motion.

Film Sineas Indonesia, Cheverly Amalia Kembali Tembus Pasar Amerika

"Syutingnya di Indonesia saja, tidak di luar negeri. Nanti kita juga akan ambil (lokasi syuting) di Jakarta Utara," ujar Cheverly.

Ruksima menambahkan konsep video klip lagu tersebut mengangkat kisah tentang kesetiaan dalam persahabatan.

Salut, Film Karya Sineas Indonesia Sukses Curi Perhatian Hollywood

"Kebetulan lagi di Indonesia. Konsep (video klip) itu sendiri mengangkat kisah persahabatan. Salah satunya sudah gone," jelas Ruksima.

Ruksima mengatakan video klip tersebut akan terlihat berbeda dengan menggunakan teknik animasi stop-motion. Ini debut video klip pertama di Indonesia yang menggunakan teknik animasi stop-motion. Bahan pada boneka yang digunakan untuk animasi stop-motion, menggunakan tanah liat. Semua itu digerakkan dengan rasa kehati-hatian dari detik-perdetik. Beda sekali dengan 3D (dimensi). Yang terbantu oleh komputer dan aplikasi khusus.

"Puppet-nya itu harus digerakin frame by frame, little by little, dan pas dia lagi mau bergerak itu kita harus tahu frame-nya itu berapa frame per-second dan dengan tangan kita sendiri kita harus menggerakan puppet itu," ujar Ruksima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya