Ada Pria Indonesia di Tim Efek Visual Adegan Krusial Avengers: Endgame

Iron Man sekarat dalam trailer Avengers Endgame
Sumber :
  • Instagram/@ironman_ig

VIVA – Marvel Studios dikenal sangat menutup rapat urusan cerita, terutama dalam dua film Avengers terakhir, Infinity War dan Endgame. Bukan hanya para pemain, banyak kru di balik layar juga tidak tahu apa-apa soal jalan cerita film ini.

Avengers: The Kang Dynasty Disutradarai Pembuat Film Shang-Chi

Seorang pemuda asal Indonesia ternyata ada juga yang terlibat dalam dapur tim efek visual Avengers: Endgame. Namanya Denny Ertanto dan ini adalah kali keduanya terlibat dalam proyek Marvel. Sebelumnya, Denny juga ikut mengerjakan efek visual Infinity War, tepatnya di beberapa adegan Iron Man dan Doctor Strange di Planet Titan.

Namun kali ini lebih spesial, karena Denny ternyata kebagian mengerjakan efek untuk adegan yang sangat krusial dalam film, yaitu bagian akhir pada pertarungan pamungkas. Bagi yang sudah menonton, pasti tahu adegan ini, bukan?

Ibarat Infinity War, Erick Thohir Sebut Dunia Butuh Avengers

"Saya membantu bekerja di beberapa bagian awal dan akhir saat di final battle-nya," aku Denny kepada VIVA, Kamis, 25 April 2019.

Pria kelahiran Jakarta, 1989, ini mengaku beruntung bisa mendapat kesempatan terlibat di film Avengers, apalagi mengedit salah satu bagian paling penting dalam ceritanya. Mengerjakan bagian yang disebutnya sebagai 'super major spoiler,' ternyata tak membuat Denny tahu jalan cerita film ini sebelum dirilis.

Chris Pratt Jadi Aktor Terburuk, Gara-gara Isu Dukung Donald Trump

"Aku penasaran perjalanannya dari awal ke bagian aku," katanya mengaku tak tahu apa-apa soal plot keseluruhan.

Butuh waktu sekitar 1-2 minggu, bahkan hingga 4 bulan untuk mengerjakan setiap adegan yang jadi bagiannya. Meski tak dimungkiri punya kesulitan-kesulitan tertentu, Denny tetap senang dan menikmati proyek ini, sebab baginya, selalu ada hal baru yang bisa dipelajarinya.

Sebagai seorang vfx artist yang sudah ikut terlibat di Hollywood sejak 2011, Denny mengatakan sangat antusias dengan reaksi penonton. Dia mengaku ingin tahu reaksi mereka saat melihat hasil kerja dirinya dan tim.

"Di bagian mana pun, seneng yah bisa dapet kerja di film Avengers. Tapi kali ini memang kebetulan dapet bagian di mana salah satu bagian paling penting dari film ini, khususnya di bagian terakhir saat final battle. Di luar senang dan bangga, saya sih juga penasaran aja apa reaksi penonton nantinya ke adegan-adegan yang saya tahu," ujar pria yang kini sedang membantu film Gemini Man yang disutradarai Ang Lee tersebut.

Sebelumnya, Denny pernah terlibat dalam tim efek film War of the Planet of the Apes, Fantastic Beasts and Where to Find Them, A Monster Call, The Martian, Into the Woods, Pan, Cinderella, Hugo, Maze Runner: The Death Cure, dan lain sebagainya.

Denny tak satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam tim di balik layar Avengers. Dari studio yang menaunginya, ada dua orang Indonesia lain yang ikut terlibat di proyek ini, Jefri Haryono sebagai Creature Technical Director dan Muhammad Ghifary dari departemen Research and Development.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya