The Vanishing, Thriller Kisah Nyata Misteri Pulau Flannan

The Vanishing.
Sumber :
  • iMDb

VIVA – The Vanishing merupakan film bergenre misteri, thriller dan psikologis yang disutradarai oleh Kristoffer Nyholm sekaligus ditulis oleh Celyn Jones dan Joe Bone. Gerard Butler menjadi salah satu dari deretan produser dalam film ini.

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

The Vanishing berfokus pada kisah tiga penjaga mercusuar yang terdampar di sebuah pulau terpencil di lepas pantai Skotlandia. Mereka menemukan sesuatu yang memicu ketiganya untuk menyelamatkan diri, diiringi dengan rasa tamak dan ketakutan.

Ternyata, film The Vanishing terinspirasi dari kisah nyata. Lebih spesifik, film ini mengangkat misteri Pulau Flannan yang terjadi tahun 1900-an.

Drama Korea Queen of Tears Ternyata Terinspirasi dari Kisah Nyata Pewaris Samsung

Terdapat tiga penjaga mercusuar yang berpengalaman bernama Thomas Marshall, James Ducat, dan Donald McArthur. Mereka terpaksa bekerja di pulau terpencil demi memberi makan keluarga mereka di daratan.

Pada suatu hari, Thomas, James, dan Donald tiba-tiba menghilang tanpa jejak setelah waktu makan siang. Sejak saat itu, mereka tidak pernah terlihat lagi. Melansir Mirror pada Rabu, 1 Maret 2019, mereka menghilang layaknya angin.

10 Film Terbaik Hollywood yang Rilis Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Sebelum dijadikan film, cerita misteri Pulau Flannan ini telah diturunkan dari generasi ke generasi dan diabadikan dalam buku, puisi terkenal karya Wilfrid Wilson Gibson, bahkan sebuah lagu oleh Genesis berjudul The Mystery of Flannan Isle Lighthouse.

Sekarang, sebuah film baru yang dibintangi oleh Gerard Butler (sebagai James Ducat), Peter Mullan (Thomas Marshall) dan Connor Swindells (Donald McArthur), menggunakan enigma misteri Pulau Flannan sebagai fondasi untuk memproduksi film berjudul The Vanishing.

Untuk jalan cerita terkait alasan tiga pemuda itu hilang tanpa jejak, tidak ada seorang pun yang mengetahui kebenarannya.

“Yang benar adalah tidak ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi,” kata Keith McCloskey, seorang peneliti kisah misteri Pulau Flannan secara intensif untuk bukunya The Lighthouse: The Mystery of the Eilean Mor Lighthouse Keepers.

The Vanishing mampu menyuguhkan perspektif lain dari misteri hilangnya tiga pemuda penjaga mercusuar dalam jejak. Ada banyak nilai-nilai sosial yang dapat diambil dari film ini,meliputi ketamakan, kejujuran dan loyalitas antar individu. Film ini akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 1 Mei 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya