Sinopsis The Vanishing, Ketika Ketamakan Harta Membutakan Segalanya

Gerard Butler dalam film The Vanishing.
Sumber :
  • iMDb

VIVA – Misteri tentang tiga penjaga mercusuar menghilang dari Pulau Flannan, di lepas pantai barat Lewis, Skotlandia pada tahun 1900-an akan ditampilkan dalam film baru berjudul The Vanishing. Film yang disutradarai oleh Kristoffer Nyholm ini menggaet aktor terkenal yaitu Gerard Butler (sebagai James Ducat) dan Peter Mullan Thomas Marshall) serta aktor pendatang baru Connor Swindells (Donald McArthur).

10 Film Terbaik Hollywood yang Rilis Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Adegan pertama dibuka dengan pengenalan karakter. Suatu hari, James, Thomas, dan Donald berkumpul di dermaga, bersiap untuk berlayar ke pulau terpencil bernama Flannan. Mereka ditugaskan untuk menjaga mercusuar selama berbulan-bulan. Pulau tersebut diketahui permanen tidak memiliki penduduk.

Ketiga pemain utama masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Umur ketiganya pun terpaut cukup jauh. Thomas Marshall merupakan lelaki tua yang pendiam sejak kematian istri dan anak kembarnya. James memiliki sosok ramah dan tengah meninggalkan istri dan anak-anaknya di daratan. Sementara Donald, seorang pemuda yatim piatu dan cenderung pemarah.

Gak Balik Modal, The Flash Cuma Raup Rp800 Milyar di Box Office Global

Awal konflik dimulai ketika Donald menemukan seorang lelaki yang tampaknya sudah mati dengan perahu dayungnya. Lelaki itu ternyata tidak mati dan mencoba membunuh Donald. Sebagai bentuk pembelaan, Donald mengambil batu dan memukul kepala lelaki tidak dikenal itu. Alasan kekerasannya terungkap ketika mereka membuka sebuah peti berisikan dua batang emas.

James, Thomas, dan Donald mulai ‘tamak’ dan ingin segera memiliki batang emas itu. Mereka sudah menyusun rencana agar kematian lelaki tidak dikenal tersebut tidak diketahui orang lain. Harta curian sudah pasti membawa malapetaka. Dua orang yang mengaku teman kru dari lelaki tidak dikenal itu datang dan menanyakan keberadaan dari dua batang emas, dan dari situlah pertikaian dimulai.

Intip Serunya Pertarungan Iko Uwais Lawan Jason Statham dalam Trailer EXPEND4BLES

Meningkatnya keserakahan ketiga karakter membuat mereka rela melakukan apa pun demi menjaga harta curian itu. Namun, hal tersebut juga dibarengi dengan rasa takut berlebihan yang malah jauh lebih mematikan daripada ancaman dari pemilik sebelumnya.

Bagi mereka penyuka film bergenre misteri, akhir cerita sudah dapat ditebak sejak pertengahan film. Film berdurasi 107 menit ini menyuguhkan alur cerita yang lebih lambat, maka dari itu banyak adegan yang sebenarnya kurang penting. The Vanishing juga memperlihatkan adegan-adegan eksplisit seperti darah dan pembunuhan. Suasana intens diciptakan dengan baik, meski di sela-sela film ada sedikit inside jokes.

Film The Vanishing memberikan beberapa pelajaran hidup yang bisa dipetik. Adanya ketamakan harta dapat membutakan segalanya, bahkan loyalitas sesama teman. Ketika manusia sudah melakukan suatu hal ‘gila’ demi mempertahankan sesuatu (yang negatif), perilaku tersebut akan terus dilakukan dan menjadi sebuah kebiasaan.

Kendati demikian, film The Vanishing tidak terlalu mengangkat misteri hilangnya tiga penjaga mercusuar di Pulau Flannan, justru lebih berfokus pada aspek-aspek lain yakni pendalaman karakter dari tiga pemeran utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya