Pertama di Indonesia, Film Ambu Ceritakan Adat Istiadat Suku Baduy

Laudya Cynthia Bella
Sumber :
  • Instagram Laudya Cynthia Bella

VIVA – Berlatar belakang adat istiadat suku Baduy yang belum pernah dilakukan insan perfilman lainnya, kini film berjudul Ambu, yang dimainkan oleh Widyawati, Laudya Cynthia Bella, Baim Wong, Endhita Wibisono, Lutesha, dan Andri Mashadi, menjadi satu-satunya film yang melakukan proses syuting di kawasan Jawa Barat tersebut.

Merasa Kehilangan, Widyawati Ungkap Sosok Rima Melati

Ditemui saat Gala Premier film Ambu, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, 1 Mei 2019, Widyawati, aktris senior yang berperan sebagai Misnah, mengungkapkan rasa syukurnya bisa terlibat dalam film garapan Farid Dermawan itu.

"Saya bersyukur bisa ikut di film ini. Kita melihat tadi, suku Baduy bisa dijelaskan secara gamblang, di mana adat istiadat dan keindahan alam tersebut. Saya juga sama, standing aplause untuk Farid," kata Widyawati.

Rima Melati Idap Dekubitus, Jenny Rachman Ungkap Kondisi Terkini

Berusaha menampilkan akting yang berbeda dari film-film sebelumnya, Laudya Cynthia Bella berharap hasil aktingnya dalam film Ambu bisa diterima oleh seluruh penonton.

"Menurut saya ada bedanya. Di sini saya memerankan orang Baduy, saya masih muda dan anak saya sudah besar.  Aku ngerasa kayak seumuran sama Lutesha. Jadi aku terima film ini, yang memang beda sama film aku sebelumnya. Saya jadi ibu dan anak yang punya salah sama ambunya. Aku berusaha kasih yang berbeda dan semoga bisa diterima sama semua," ujarnya.

Beredar Kabar Rima Melati Meninggal Dunia, Cek Faktanya

Lain hal dengan Endhita, istri gitaris band Ungu, Onci, mengatakan perannya di sini memang tak biasa, karena harus berperan sebagai sosok Hapsah, wanita suku Baduy, yang kental dengan logat dan cengkok bahasa Baduy saat berbicara.

"Aku dikasih tahu skalanya seperti apa, sutradara tahu Hapsah seperti apa. Yah semoga bisa menghibur. Logat ada riding sebulan sebelumnya sama orang Baduy asli. Lengkap sama dialog dan cengkoknya," lanjut Endhita.

Bercerita mengenai seorang perempuan (Laudya Cynthia Bella) yang memilih untuk menikah dengan pria asal Jakarta (Baim Wong), tetapi karena aturan adat suku Baduy yang harus meninggalkan kampung halamannya saat menikah dengan lelaki di luar suku tersebut, Fatma akhirnya harus pergi dan meninggalkan Ambu Misnah (Widyawati).

Bukan hanya sisi cerita yang menarik, dalam film ini juga turut menampilkan keindahan lingkungan suku Baduy. Melakukan proses syuting selama 32 hari, sudut pengambilan gambar kecantikan alam Baduy memang sangat memanjakan mata selama film itu diputar. Menjadi film komersial pertama yang mengambil latar suku Baduy, film Ambu rencananya akan tayang di bioskop mulai 16 Mei 2019. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya