Gundala Dibandingkan dengan Film Marvel dan DC

Gundala
Sumber :
  • Screenplay dan BumiLangit

VIVA – Genre superhero merajai pasar perfilman dalam beberapa tahun belakangan. Film-film yang bertema superhero kerap kali sukses merajai box office dunia. Sebut saja yang terbaru tahun ini ada Avengers: Endgame, Captain Marvel, dan Shazam! yang mendulang ratusan juta bahkan miliaran dolar AS dari box office global.

Bangkrut Ditipu Rekan Bisnis, Dimas Danang: Gue Terlalu Percaya Orang

Meski masih didominasi film-film impor, Indonesia patut berbangga, karena akhirnya Gundala menjadi optimisme baru kelahiran kembali film Indonesia dengan genre superhero. Mengangkat kisah dari komik terkenal Hasmi, Gundala juga membuka jalan untuk hadirnya para jagoan super Indonesia lain dalam jagat sinematik.

Semua pihak yang terlibat dalam film ini pun sadar betul akan ada opini publik yang membanding-bandingkan dengan film supehero Hollywood. Joko Anwar sebagai sutradara mengakui, Gundala bukan tandingan film-film sekelas Marvel atau DC yang kini menguasai genre superhero.

Pukulan Pevita Pearce Sangat Keras, Randy Pangalila: Sampai Saya Mental

"Gundala ini berbeda dengan film-film dari Marvel dan DC. Kalau mau bersaing secara efek visual, udah enggak mungkin ya, karena itu sesuatu yang mustahil dan sia-sia. Bujet mereka itu sampai 1,3 triliun rupiah, enggak apple to apple. Kita sangat-sangat jauh dari itu," kata Joko Anwar dalam wawancara ekslusif bersama VIVA di kawasan Epicentrum, beberapa waktu lalu.

Namun bukan berarti kualitas film Indonesia bisa dipandang sepele. Joko yakin, film ini punya kekuatan tersendiri dalam aspek cerita dan karakternya. Dia bercerita, sudah beberapa kali melakukan tes screening Gundala dan hasilnya, penonton yang ikut, mengaku senang dan bangga.

Fakta Unik Kostum Sri Asih, Total Ada 8 Dipesan Langsung dari Amerika Serikat

"Jadi kita mengedepankan dari karakter dan cerita. Memang kita bikin penonton ada yang ketawa, ada yang nangis, takut, karena ada elemen horor juga. Mudah-mudahan semua bangga," ujarnya kemudian.

Joko Anwar, juga Abimana Aryasatya sebagai pemeran Gundala, tetap bersyukur jika banyak yang membandingkan film ini dengan sinema Marvel dan DC. Gundala, dijanjikan sebagai film keren untuk penonton Indonesia.

"Alhamdulillah kalau dibandingin sama Marvel dan DC. Kalau dibandingin sama film Nigeria, Nollywood, ya.. intinya enggak sama film jelek maksudnya, haha," Joko menanggapi dengan nada bercanda.

Simak wawancara seru bersama sutradara dan cast film Gundala, ekslusif, bersama VIVA berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya