Segudang Film Robby Sugara Semasa Hidup

Robby Sugara
Robby Sugara
Sumber :
  • istimewa

VIVA –  Robert Kaihena Sugara atau yang akrab disapa Robby Sugara meninggal dunia pada hari ini, Kamis 13 Juni 2019. Robby terkenal melalui iklan pria Brisk sekitar tahun 1975. Di tahun itu pula, Robby membintangi film pertamanya, Rahasia Perawan.

Karier filmnya terus melaju. Pria berdarah Jawa-Ambon-Belanda itu aktif di dunia perfilman sampai 1983. Dari rentang waktu 1975-1983, ada sekitar 40 film layar lebar yang dibintanginya.

Ia baru aktif kembali di depan kamera pada 2015, melalui Garuda Superhero. Dalam film yang banyak menggunakan efek CGI tersebut, Robby berperan sebagai Tuan Derma.

Setelah itu, ia sempat tampil di beberapa judul, antara lain, Terjebak Nostalgia, The Fabulous Udin, dan 3 Dara 2. Berbagai karakter sudah pernah dijajal Robby. 

Ia juga pernah tampil dalam layar kaca melalui sinetron, beberapa di antaranya adalah Nyai Dasima, D'Hijabers, dan Tersanjung. Dengan portofolio yang begitu panjang, nama Robby dapat disejajarkan dengan dengan Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten. 

Robby tutup usia pada Kamis dini hari, 13 Juni 2019, sekitar pukul 00.10. Jenazah saat ini disemayamkan di rumah duka RS UKI, Jakarta Timur. Sampai saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penyebab Robby meninggal. (asp)