Iqbaal Ramadhan Tak Mau Selalu Melekat dengan Nama Dilan

Iqbaal Ramadhan
Sumber :
  • VIVA/Yas

VIVA – Karakter Dilan sangat melekat dalam diri Iqbaal Ramadhan. Bagaimana tidak, penampilan aktingnya mampu menghipnotis penonton, hingga film Dilan 1990 berhasil menduduki posisi teratas film Indonesia terlaris sepanjang masa. Bahkan, ketika didapuk untuk menghidupkan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia, karakter Dilan masih membayang-bayangi lelaki 19 tahun itu. 

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

“Bisa (lepaskan karakter Dilan), karena shooting-nya sudah kelar. Kalau belum, mati saya. Itu juga mungkin semua yang terlibat dalam film (Bumi Manusia) ini aware,” kata Iqbaal saat ditemui dalam acara peluncuran poster film Bumi Manusia di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 19 Juni 2019. 

Iqbaal menyebutkan bahwa dirinya dan karakter Dilan merupakan dua orang yang tidak bisa disamakan. Meski begitu, ia sudah mengetahui bahwa labelling ini akan terjadi, di mana masyarakat akan terus menganggapnya sebagai Dilan.

Ini Cita-Cita yang Ingin Digapai Iqbaal Ramadhan, Salah Satunya Sudah Terwujud

“Saya aware sekali, saya dibilang Dilan, walaupun keluarga dan teman-teman saya bilang Dilan dan Iqbaal itu dua orang yang berbeda. Momennya adalah saya sudah lama enggak di industri hiburan, lalu saya keluar dengan Dilan, dan itu jadi branding saya. Jadi saya tidak komplain,” ujarmya.

Sebagai aktor, tentu Iqbaal tidak ingin terjebak dalam satu karakter saja. Dia tetap ingin menantang dirinya lewat karakter-karakter lain seperti Minke di film Bumi Manusia. Tokoh Minke dideskripsikan sebagai seorang pribumi berjiwa kritis. Sementara, kepribadian tersebut sangat berbeda dengan Dilan yang merupakan anak SMA yang tengil.

Panutan Gen Z! Baru Lulus Kuliah, Iqbaal Ramadhan Sudah Jadi Produser Kreatif

“Tapi yang saya pengin sampein juga ketika saya jadi pekerja seni, saya enggak mau selalu melekat dengan nama Dilan. Karena berakting itu meniru kehidupan orang lain dan kebetulan lagi-lagi ini dari buku (Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer). Yang baca mungkin lebih banyak dari film saya sebelumnya (Dilan). Range-nya juga lebih besar, termasuk sastrawan, dan kita juga fully aware sama itu,” pungkasnya.

Meski demikian, Iqbaal berusaha semaksimal mungkin untuk memerankan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia. Diketahui, syuting film garapan Falcon Pictures itu rampung sejak setahun lalu, sehingga apabila Iqbaal diminta untuk memerankan kembali karakter Minke sekarang, ia menyebutkan akan sangat sulit karena tidak semudah itu.

“Saya menjadi Minke, saya berusaha di posisi itu. Sampai di proses reading saya belajar sampai saya tidak perlu bertanya lagi. Ketika saya ditawari jadi Minke satu tahun yang lalu atau sekarang pun ketika saya disuruh jadi Minke lagi, saya mungkin enggak dapet. Karena enggak segampang itu dapetin ruhnya,” ucapnya.

Bumi Manusia akan tayang pada 15 Agustus mendatang. Selain Iqbaal, film tersebut juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris lain seperti Mawar De Jongh, Sha Ine Febryanti, Ayu Laksmi, Donni Damara, dan masih banyak lagi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya