Demi Dalami Peran, Mawar De Jongh Didorong Hanung Hingga Menangis

Mawar De Jongh
Sumber :
  • instagram Mawar De Jongh

VIVA – Setiap pemain yang terlibat dalam film Bumi Manusia, dituntut untuk dapat menjiwai setiap karakter yang diperankan. Hanung Bramantyo sebagai sutradara  ternyata tidak ragu untuk menyakiti para pemain, agar rasa sakit ketika berakting bisa semakin terasa.

Perjuangan Berat Mawar De Jongh Demi Film Para Betina Pengikut Iblis 2

Mawar De Jongh, pemeran Anelis tersebut menjadi salah satu aktris yang selalu kesulitan pada saat melakoni adegan sedih. Padahal Mawar dan Anelis menurut Hanung punya kesamaan.

“Secara tubuh, pikiran dan jiwa, Mawar sudah cukup memasuki alam Anelis. Apalagi didukung dari Ayah Mawar yang juga seorang warga Belanda. Sehingga bahasa Belanda bukanlah bahasa asing bagi Mawar,” kata Hanung dalam rilis dari Falcon Pictures yang diterima VIVA, Rabu 10 Juli 2019.

Film Para Betina Pengikut Iblis 2 Rilis Tanggal Tayang, Dibintangi Adipati Dolken dan Mawar De Jongh

Meski memiliki kesamaan, namun bagi Hanung, Mawar kurang bisa mengolah pengalaman batin menjadi kekuatan dalam mendalami peran. Hal tersebut dianggap wajar oleh Hanung terlebih lagi Mawar masih sangat muda.

Maka dari itu, Hanung mengaku bahwa dirinya melakukan rangsangan kepada Mawar agar dapat menumbuhkan pengalaman batin terutama pada saat mendalami adegan sedih.

Kelewat Introvert, Krisjiana Baharudin Bingung Deketin Mawar De Jongh Sampai Bikinin Bubur

“Tapi bagi aktor, pengalaman batin semacam itu menjadi modal besar. Karena itu saya mencoba merangsang Mawar untuk menumbuhkan pengalaman batin itu,” ujarnya.

Karena begitu sulitnya Mawar menumbuhkan imajinasi saat beradegan sedih, Hanung memintanya untuk mendorong dan memukul dirinya sendiri. Mawar tidak sungguh-sungguh dalam melakukannya. 

Hingga akhirnya, Hanung mendorong Mawar sampai terjatuh. Hal itu dilakukan Hanung bukan dalam rangka menyakiti melainkan untuk menghadirkan emosi dalam penghayatan Mawar.

“Mungkin karena sungkan atau takut jika dia melakukan itu akan memunculkan traumanya, maka saya kemudian mendorongnya sampai dia terjatuh. Tapi lagi-lagi kami melakukannya tidak dalam rangka menyakiti, tapi untuk menghadirkan ingatan emosi yang sudah sejak lama dia kubur,” tuturnya.

Benar saja, sejak saat itu emosi dan penghayatan yang dilakukan Mawar semakin keluar. Aktingnya pun begitu natural sama seperti yang terlihat dalam trailer film Bumi Manusia.

Film Bumi Manusia yang juga dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Ayu Laksmi, Donny Damara, dan Giorgino Abraham itu rencananya akan mulai tayang di bioskop Tanah Air pada 15 Agustus mendatang. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya