Kesulitan Pidi Baiq Garap Film Koboy Kampus

Pidi Baiq dan para aktor film Koboy Kampus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Film Koboy Kampus yang ditulis dan disutradarai oleh Pidi Baiq siap tayang pada 25 Juli 2019. Film yang dibintangi oleh Jason Ranti ini terinspiriasi dari kehidupan nyata Pidi Baiq saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Verona Films Siap Meriahkan Bioskop Indonesia dengan Produksi 5 Film

Pidi Baiq mengaku, proses editing film Koboy Kampus tidak mudah. Bayak hal detail yang harus diperhatikannya. Namun ia bersyukur, syuting film yang juga disutradarai bersama Tubagus Deddy ini bisa berjalan sesuai dengan rencana.

"Syutingnya memakan waktu satu bulan kurang lebih. Nah, ngeditnya yang agak lama, soalnya enggak gampang menurut kami," ungkap Pidi Baiq dalam siaran pers yang diterima VIVA.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Siap Digarap, Muhammad Adhiyat Jadi Pemeran Dilan Kecil

Meski film tersebut bercerita tentang kehidupannya bersama teman-teman saat menjalani perkuliahan di kampus ITB di era 90-an, Pidi Baiq tidak melihat kesamaan wajah dengan pelaku aslinya untuk pemilihan pemain.

“Memilih orang untuk menjadi pemeran Pidi di Koboy Kampus dan juga untuk menjadi pemeran lain, tidak mengacu pada apa yang dilihat dari wujudnya, tetapi lebih menitik beratkan pada isi ceritanya. Atau bagaimana, saya merasa begitu," terang Pidi Baiq.

Gantikan Iqbaal Ramadhan Perankan Dilan, Arbani Yasiz Rasakan Pressure?

Film Koboy Kampus, menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang sibuk beraktivitas lain selain belajar dan mengikuti jadwal perkuliahan. Meski demikian, tidak mengurangi rasa kreativitas mereka untuk berkarya. Bahkan kemudian tercetus pembentukan The Panasdalam band yang kemudian dijadikan negara fiktif.

Hal tersebut sebagai bentuk protes para mahasiswa di ITB saat itu terhadap pemerintahan orde baru. Pidi dan teman-temannya, lebih memilih untuk mengkritisi pemerintahan saat itu melalui ide-ide konyol, daripada turun ke jalan ikut berdemonstrasi.

Menjadi sutradara untuk pertama kalinya di film Koboy Kampus, bagi Pidi Baiq bukan sebuah hal yang harus dijadikannya sebagai tantangan. Daripada memikirkan hal tersebut, Pidi hanya berusaha melakukan yang terbaik.

"Pertama kali menjadi sutradara, saya enggak merasa ada hal yang aneh atau lainnya yang bisa dianggap sebagai tantangan. Menyenangkan atau tidaknya, itu bergantung pada situasi dan kondisi pribadinya. Hanya itu yang bisa dikatakan," ujar sosok yang akrab disapa ayah itu.

Film Koboy Kampus merupakan film hasil kerjasama MNC Pictures dan 69 Production. Selain Jason Ranti, aktor lainnya yang ikut terlibat adalah Ricky Harun dan Bisma Karisma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya