Koboy Kampus, Film Drama Musikal Anak Kuliahan

Film Koboy Kampus
Sumber :
  • Viva.co.id/Wahyu

VIVA – Film Koboy Kampus merupakan salah satu karya terbaru dari Pidi Baiq. Setelah sukses di dua film sebelumnya Dilan 1990 dan Dilan 1991, ia memberanikan diri untuk menjadi sutradara bersama dengan Tubagus Deddy.

Mulai Berakting, Vienny JKT48 Banyak Belajar dari Zara JKT48

Pemilihan kata yang tidak biasa ditampilkan dalam film ini. Kata-kata puitis ala Pidi Baiq banyak ditampilkan. Berlatar belakang tahun 90-an di mana Pidi dan teman-temannya berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Film yang bergenre drama musikal ini seakan dirangkai dari lagu yang dinyanyikan The Panasdalam, grup band bentukannya sejak tahun 1995, sehingga para penonton akan bernyanyi selama film ini berlangsung. 

Cerita Seru Bisma dan Jason Main di Film yang Sama

Cerita berlanjut ketika mahasiswa ITB lebih memilih mengkritisi pemerintahan di era Orde Baru. Pidi dan teman-temannya pun mencoba mengkritik dengan cara yang berbeda. 

Hingga akhirnya tergagas sebuah negara yaitu Negara Republik Kesatuan The Panasdalam. Negara itu terbentuk setelah Pidi merasa lebih baik mengurusi negara sendiri ketimbang mengkritisi negara Indonesia. 

Kesulitan Pidi Baiq Garap Film Koboy Kampus

Negara itu terus berlanjut hingga memiliki warga dan duta besar Inggris. Pidi dan teman-temannya mencoba terus mempertahankan negaranya dengan adanya presiden dan menteri-menterinya. 

Bisma yang berperan sebagai Deni yang merupakan Presiden Negara Republik Kesatuan The Panasdalam, mengaku kesulitan harus berperan sebagai presiden dan mengurus warganya. 

"Jadi begitu ada tawaran ini saya jadi presiden, ternyata saya tahu kalau ngurus manusia itu susah banget. Jadi selamat buat Pak Jokowi yang sudah kedua kalinya. Selamat semoga bisa mengurus manusia-manusia dan warga Indonesia," kata Bisma di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli 2019.

Jason Ranti sendiri mengaku jika dalam film ini ia merasa seperti sedang nongkrong dengan teman-temannya. Sehingga saat pendalaman karakter Jason hanya ikut berkumpul dengan personel The Panasdalam. 

"Pendalamannya ya nongkrong sama The Panasdalam, dengerin cerita mereka," kata Jason. 

Film produksi kerja sama antara 69 Production dan MNC Pictures ini diperankan oleh Pidi Baiq (Jason Ranti), Ninuk (Ricky Harun), Deni (Bisma Karisma), Erwin (David John), Dikdik (Miqdad Auddasy) dan sejumlah pemain lainnya. Film ini akan mulai tayang pada 25 Juli 2019 di bioskop Indonesia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya