Dubbing ke 20 Bahasa, The Night Comes for Us Digilai di Luar Negeri

Erika North, Director International Originals Netflix
Sumber :
  • VIVA/Zahrotustianah

VIVA – Indonesia menjadi salah satu pasar potensial untuk Netflix mengembangkan konten orisinalnya. Sejauh ini, Netflix punya The Night Comes for Us yang merupakan konten orisinal pertama dari Indonesia.

Tantangan Terbesar Alia Bhatt Bintangi Heart of Stone dan Peran Impiannya

The Night Comes for Us sendiri merupakan film yang dibintangi oleh Iko Uwais dan disutradarai oleh Timo Tjahjanto. Sebagai konten orisinal, Netflix mengabarkan bahwa The Night Comes for Us tayang di 190 negara dan disajikan ke lebih dari 151 juta pengguna Netflix sedunia.

Bukan hanya dimuat dengan subtitle asing, The Night Comes for Us juga mendapat sulih suara (dubbing) dalam 20 bahasa. Beberapa di antaranya ada versi Bahasa Prancis, Jepang, Spanyol, Italia, India, dan sebagainya.

Bintangi Heart of Stone, Gal Gadot Ungkap Ketakutannya akan Potensi Bahaya AI

Erika North, Director International Originals Netflix mengatakan, sambutan penonton luar negeri terhadap film The Night Comes for Us ini cukup memuaskan. Film ini rupanya bisa menarik perhatian lebih dari ekspektasi awal tim Netflix.

"Benar-benar melampaui ekspektasi kami dalam hal bagaimana film ini bisa 'berkelana' melebihi pasarnya (Indonesia)," kata Erika kepada VIVA dalam acara Rumah Netflix di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2019.

Adu Akting di Film Heart of Stone, Gal Gadot dan Alia Bhatt Saling Memuji Satu Sama Lain

Erika memang enggan mengungkap keterangan rinci sejauh mana The Night Comes for Us diterima penonton Netflix di dunia, namun dia meyakinkan bahwa film tersebut mendapat respons positif dan membuat mereka bisa mempelajari lebih dalam apa yang diinginkan audiens global dari Indonesia.

"Apa yang kami pelajari dari film ini adalah bahwa cerita dari Indonesia seperti ini bisa melewati batas-batas yang ada. Yang bisa saya bagikan dalam hal ini, responsnya postif," dia menambahkan.

The Night Comes for Us juga dibintangi oleh Joe Taslim, Zack Lee, Abimana Aryasatya, Dian Sastrowardoyo, dan sebagainya. Selain film ini, Netflix juga pernah menyajikan seri dokumenter Street Food Asia di mana Yogyakarta masuk dalam salah satu episodenya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya