Respons Hanung Bramantyo Bumi Manusia Ditonton Orang Penting

Hanung Bramantyo.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Film Bumi Manusia telah menyelesaikan gala premiere di kota Yogyakarta. Ini merupakan gala premiere ketiga setelah sebelumnya di gelar di Surabaya dan Jakarta.

Apa Kabar Mawar De Jongh? Intip Kesibukannya Sekarang

Dalam gala premiere kali ini, turut dihadiri oleh orang nomor satu di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kehadiran Sri Sultan Hamengkubuwono X membuat sutradara Hanung Bramantyo sangat bersyukur karena film Bumi Manusia bisa disaksikan oleh orang penting.

"Ya, saya sangat bersyukur sekali Gala Premiere di Yogyakarta dihadiri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Suatu kehormatan untuk kita semua karena baru kali ini film saya ditonton oleh beliau," ujar Hanung di Yogyakarta, kemarin.

Trending No 1, Serunya Teaser Trailer Film Satria Dewa: Gatotkaca

Menurut Hanung, kehadiran Sri Sultan merupakan tanda beliau memberikan apresiasi yang cukup besar pada karya Pak Pramoedya Ananta Toer. Novel ini dulu sempat dilarang peredarannya oleh pemerintah.

Selain Sri Sultan Hamengkubuwono X, film Bumi Manusia juga sempat disaksikan oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy. Pada 15 Agustus nanti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga direncanakan akan menyaksikan film ini. Baca juga: Iqbaal Kecewa Gagal Jadi Band Pembuka Konser Lany yang Mendadak Batal

Anak Sembuh Cepat dari COVID-19, Ini Rahasia Zaskia Adya Mecca

"Kali ini di Jakarta juga ditonton oleh Menteri Pendidikan Pak Muhadjir dan hari ini ditonton pak Gubernur, dan kemungkinan tanggal 15 nanti ditonton oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jadi ini satu hal yang luar biasa," kata Hanung.

Hanung juga bersyukur kini karya Pramoedya Ananta Toer bisa dinikmati oleh semua orang tidak lagi ada yang takut membaca ataupun menontonnya.

"Satu perubahan terjadi, sudah tidak ada lagi orang takut menonton film Bumi Manusia dan membaca karya-karya Pak Pram yang lainnya," katanya. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya