Cerita Sulitnya Ario Bayu Belajar Jadi Dalang

Ario Bayu.
Sumber :
  • VIVA/Nuvola Gloria

VIVA – Ario Bayu didapuk memerankan seorang seniman dalang dalam film horor Perempuan Tanah Jahanam yang digarap oleh sutradara Joko Anwar. Dia mengaku karakternya sangat kompleks dan cukup rumit dan untuk itu, ia pun langsung berguru kepada ahlinya.

Ario Bayu Unggah Foto Telanjang Dada, Komentar Menggelitik Ivan Gunawan Jadi Sorotan

"Saya sebagai Ki Saptadi. Dia seorang kepala desa dan dia itu anak Nyi Misni yg diperankan Christine Hakim. Jadi kalau kerumitan karakter saya itu kompleksitas antara hubungan ibu dan anak," katanya di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ki Saptadi seorang seniman dalang sekaligus kepala desa. Bahkan Ario harus paham bagaimana seluk beluk dalang sampai ke nilai filosofinya.

Main Film Sehidup Semati, Laura Basuki Didampingi Psikolog?

"Untuk saya pribadi, proses pembelajaran mendalang itu sulit banget karena banyak maknanya, filosofi dan nilai budayanya. Sebelum syuting belajar dulu sama Ki Asman dan anaknya. Mereka itu mengajarkan hal-hal yang menarik banget," ucap Ario.

Ario hanya diberi waktu selama dua minggu dan sangat sulit baginya untuk belajar mendalang dalam waktu singkat. Namun, ia tak putus asa. Dalam waktu dua minggu itu juga dia merasa kariernya penuh tantangan.

Main Film Sehidup Semati, Asmara Abigail Rasakan Tantangan Berat Ini

"Saya pengin merekomendasikan semua orang harus bisa tahu wayang karena ini ciri khas bangsa Indonesia," tutur pria berusia 34 tahun itu.

Itulah salah satu alasan Ario langsung menerima tawaran casting untuk film yang diproduksi oleh Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, Rapi Film dan CJ Entertainment itu. Apalagi film ini sudah jadi impian sang sutradara sejak 10 tahun lalu.

"10 tahun lalu Joko ngomong skrip dan cerita ini, terus Joko bilang, 'Lo mau enggak? Perempuan Tanah Jahanam udah jadi’. Oke, audisi juga casting. Ya melalui proses casting itu juga kita test cam, of course gue minat. Di sini pun karakter saya unik," ujarnya.

Film yang diperankan oleh Tara Basro, Asmara Abigail, Ario Bayu, Christine Hakim, Marissa Anita, Teuku Rifnu ini akan tayang pada 17 Oktober 2019. Pesannya, jangan nonton sendirian! (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya