Ternyata Ini Arti Adegan Joker Masuk ke Dalam Kulkas

Joker.
Sumber :
  • Joker

VIVA – Salah satu adegan aneh yang banyak menimbulkan pertanyaan di benak penonton film Joker adalah ketika Arthur Fleck memanjat masuk ke dalam kulkas di rumahnya dan menutup pintunya.

Potret Perdana Lady Gaga 'Intim' Bersama Joaquin Phoenix di Sekuel Film Joker

Film DC yang berdiri sendiri ini menceritakan sebuah cerita origin tentang penjahat ikonik yang menjadi musuh bebuyutan Batman.

Film ini juga mengangkat isu kesehatan dan gangguan mental yang diderita oleh Arthur. Dengan banyaknya momen-momen di film yang dibiarkan terbuka untuk interpretasi, ada banyak pertanyaan yang tersisa di benak penggemar mengenai film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini.

Film Joker Pertama Sukses, Joker Kedua Dikabarkan Musikal?

Titik balik penting dalam Joker berkaitan dengan hubungannya dengan kandidat politik penting, Thomas Wayne. Ketika Arthur dan ibunya menghabiskan malam mereka di depan televisi, ibunya bersikeras bahwa Thomas akan memberikan bantuan untuk mereka.

Obsesinya terhadap Thomas menjadi lebih terbuka setelah Arthur menemukan beberapa surat yang dikirimkan ibunya kepadanya, di mana dia menyebut Arthur sebagai "putramu."

Joker yang Serang Penumpang Kereta Tokyo Menyesal Gagal Bunuh Orang

Sepanjang hidupnya, Arthur tidak pernah tahu identitas ayahnya, dan sekarang dia tahu bahwa sang ayah adalah sosok paling kaya dan berpengaruh di Gotham.

Film Joker dibintangi oleh Joaquin Phoenix.

Setelah gagal menemui Thomas di rumahnya, Arthur menyelinap ke pertunjukan panggung di mana "ayahnya" menikmati pertunjukan dengan sang istri, Martha Wayne. Arthur mengikuti Thomas ke kamar mandi dan menanyakan tentang hubungan mereka. Arthur mengharapkan tanggapan yang lebih positif dan ramah. Namun, ia malah diejek oleh Thomas.

Thomas juga mengatakan bahwa ibunya adalah mengada-ada dan memiliki gangguan mental karena mengarang cerita perselingkuhan rahasianya dengan Thomas. Pertemuan mereka berakhir dengan Arthur ditinju di wajah ketika Thomas keluar dengan jijik.

Arthur terluka berat. Sendirian, ia bersandar pada wastafel di apartemennya yang gelap. Arthur mulai menghancurkan semua makanan dan rak-rak dari lemari es dan mengurung diri di dalamnya.

Adegan itu tampil secara acak dan terkesan tidak berguna. Namun, momen ini adalah titik terendah krusial dalam hidup Arthur yang mengantarkannya ke kegilaan. Dengan semua penolakan dari masyarakat yang ia terima, penolakan Thomas adalah saat di mana ia benar-benar ingin menyerah.

Momen Arthur masuk ke dalam kulkas sebenarnya tidak ada di dalam naskah film Joker. Momen itu merupakan improvisasi Joaquin Phoenix saat syuting.

Film Joker dibintangi oleh Joaquin Phoenix

Sinematografer Joker, Lawrence Sher menjelaskan bahwa adegan-adegan tertentu dalam film Joker benar-benar tidak ada di dalam naskah dan tidak direncanakan.

"Ketika dia masuk ke dalam kulkas, kami tidak tahu dia akan melakukan itu. Kami menyiapkan dua posisi kamera, dan Joaquin hanya berpikir tentang apa yang akan ia lakukan jika ia penderita insomnia parah," ujarnya dikutip dari Screen Rant, Senin, 11 November 2019.

Arthur mengisolasi dirinya di dalam kulkasnya dapat diartikan dengan berbagai cara. Implikasi yang paling tidak mengganggu adalah bahwa Arthur hanya ingin bersembunyi dari dunia yang terus menolaknya.

Bersembunyi di ruang kecil dan terbatas bisa menjadi sesuatu yang menghibur bagi Arthur dibandingkan dikelilingi oleh dunia terbuka yang penuh dengan orang.

Interpretasi yang lebih mengganggu adalah bahwa Arthur sebenarnya bermaksud bunuh diri melalui mati lemas atau hipotermia. Dengan segala penolakan yang dihadapinya, Arthur mungkin siap mengakhiri hidupnya.

Sampai ia menerima panggilan telepon dari acara Murray yang mengundangnya dan membuatnya mendapatkan kemauan untuk tetap hidup meski menempuh jalan yang keras.

Jika kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri, bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya