Mengenang Djaduk Ferianto sebagai Kertarajasa di Petualangan Sherina

Djaduk Ferianto sebagai Kertarajasa dalam Petualangan Sherina.
Sumber :
  • Miles Films

VIVA – Djaduk Ferianto meninggal dunia pada Rabu, 13 November 2019. Seniman kondang ini diduga meninggal dunia karena sakit jantung yang dideritanya. Djaduk Ferianto dikenal sebagai seniman yang aktif menekuni musik dan teater. Djaduk pun begitu populer di kalangan generasi 90-an karena perannya dalam film anak-anak, Petualangan Sherina. 

10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang 2023, Genre Horor Masih Digemari Penonton

Dalam film yang dibintangi Sherina Munaf dan Derby Romero itu, Djaduk Ferianto berperan sebagai Kertarajasa, tokoh penjahat utama. Kertarajasa sangat berambisi untuk membangun proyek-proyek di kawasan Lembang, termasuk di atas tanah perkebunan milik Ardiwilaga (Didi Petet) yang merupakan ayah Sadam (Derby Romero).

Kertarajasa pun bekerja sama dengan Natasya (Henidar Amroe) untuk merebut perkebunan luas tersebut, dengan cara liciknya, yakni menculik Sadam. Sherina yang ikut diculik bersama Sadam, akhirnya berhasil membongkar bahwa Kertarajasa ada di balik semua masalah tersebut.

Sinopsis Film Petualangan Sherina 2, Petualangan 2 Sahabat Berlanjut ke Hutan Kalimantan

Petualangan Sherina merupakan film musikal yang berisi lagu-lagu yang masih saja dihafal penontonnya hingga sekarang, tak terkecuali lagu Kertarajasa yang dinyanyikan Djaduk. Dalam film, Djaduk terlihat sangat bangga dan bahagia ketika Natasya mengabarkan bahwa Ardiwilaga akhirnya mau menjual tanah perkebunannya ke mereka.

Baca Juga: Djaduk Ferianto Wafat, Sherina Kenang Masa Kecilnya dengan Kertarajasa

Review Film Petualangan Sherina 2: Manisnya Film Nostalgia

"Namaku Kertarajasa. Aku bagai seorang raja. Apa yang aku inginkan pasti dapat terlaksana. Aku sungguh luar biasa. Oh tiada tandingannya. Aku yang paling berkuasa. Semua orang takluk padaku." begitu beberapa bait lirik Kertarajasa yang terkenal.

Kepergian Djaduk Ferianto rupanya begitu meninggalkan duka mendalam, bukan hanya bagi orang-orang yang dekat dengannya, tapi penonton Petualangan Sherina. Warganet mengenang sosok Djaduk sebagai Kertarajasa, sosok penjahat dengan karakter kuat luar biasa.

Warganet ikut berduka. Bukan hanya kata Djaduk yang menjadi trending di Twitter, Petualangan Sherina pun begitu populer. Kata kunci Petualangan Sherina juga masuk ke jajaran trending topic Indonesia pada Rabu, 13 November 2019.

"Djaduk Ferianto, seorang aktor, sutradara dan musikus senior Indonesia, telah berpulang. Budaya pop mengenalnya lewat Petualangan Sherina. Tapi, kiprah seninya di luar itu teramat banyak. Beliau juga ayahanda dari Gusti Arirang, personel band Tashoora. Turut berduka yang terdalam," tulis musisi Fiersa Besari.

"Rest in Peace mas djaduk. satu2nya karya beliau yg saya nikmati adalah actingnya di Petualangan Sherina. Lagu kertarajasa pun saya hapal sampe sekarang," kata warganet.

"Anak 90an mengenal beliau sebagai Pak Kertarajasa di Petualangan Sherina."

"Sugeng tindak om Djaduk Ferianto. Masih terngiang karakter beliau jadi Pak Kertarajasa di Petualangan Sherina." tulis warganet lainnya.

Sherina Munaf pun mengantar kepergian Sang Kertarajasa dengan mengenang momen masa kecilnya saat bersama di film Petualangan Sherina. "Selamat jalan Om Djaduk!" tulis Sherina di Instagramnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya