Joko Anwar Raih Pencapaian Terbesar di 2019

Joko Anwar
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menjelang penutupan akhir tahun, Joko Anwar berterima kasih kepada penonton. Tahun ini, sutradara dan penulis skenario itu sudah menulis skenario untuk empat film dan menyutradarai dua film di antaranya. 

Joko Anwar Sutradara Terbaik FFI 2020

Film yang disutradarai dan ditulis skenarionya adalah Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam, sedangkan yang ditulis skenarionya adalah Orang Kaya Baru dan Ratu Ilmu Hitam. Melalui akun Instagram-nya ia menyampaikan ucapan terima kasih, atas pencapaian yang telah diraihnya sepanjang tahun 2019.

“Di 2019 film saya empat. Ada komedi, action, thriller, horor. Dua saya tulis untuk sutradara lain, dua saya tulis dan sutradarai sendiri. Satu masuk Toronto, satu masuk Sundance. Makasih ya, teman-teman yang udah nonton. Tahun ini kita nyumbang 5,5 juta lebih penonton, 12 persen dari seluruh penonton film Indonesia tahun ini. Semoga 2020 saya masih bisa berkontribusi untuk perfilman Indonesia. Amin,” kata dia seperti dikutip dari rilis yang diterima VIVA.

Perempuan Tanah Jahanam Raih 6 Piala Citra, Ini Kata Joko Anwar

Sutradara yang telah berkarya selama kurang lebih 15 tahun di perfilman Indonesia tersebut berhasil memadukan komersialisme dan idealisme melalui karya-karyanya. Terbukti dengan film Gundala yang masuk seleksi Toronto International Film Festival dan Perempuan Tanah Jahanam yang terpilih untuk diputar di Sundance International Film Festival. 

Keduanya juga masuk dalam 10 besar Box Office Indonesia. Pencapaian ini membuktikan bahwa film yang berkualitas juga bisa laku di pasaran dan masuk festival luar negeri. Selain itu, masuknya Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam ke dua festival luar negeri dalam rentang waktu yang terlalu jauh jarang dilakukan oleh sineas manapun.

Perempuan Tanah Jahanam Borong 6 Piala Citra FFI 2020

Joko Anwar juga mendapatkan dua nominasi Piala Citra di kategori Penulis Skenario. Penulis Skenario Asli Terbaik untuk film Orang Kaya Baru dan Penulis Skenario Adaptasi Terbaik untuk film Gundala.

Selain berterima kasih, ia juga memberikan kata penutup yang mengindikasikan proyek-proyek berikutnya di tahun 2020. Joko sendiri merupakan produser dari Jagat Sinema Bumilangit yang dua filmnya akan ditayangkan tahun depan yaitu Virgo & the Sparklings dan Sri Asih.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Danau Toba.

Sandiaga Uno Janji Pelaku Film dan Ekonomi Kreatif Dapat Vaksin

Para sineas sebelumnya mengirim surat terbuka ke Presiden Jokowi untuk mendapat jatah vaksin demi bangkitkan perfilman tanah air.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2021