Review dan Sinopsis Ip Man 4: The Finale, Tegang dan Menguras Air Mata

Foto: Pegasus Motion Pictures
Sumber :
  • reporter

VIVA – Bagi kamu pecinta aksi bela diri Donnie Yen dalam film Ip Man bersiaplah, karena sekuel terakhir dari film tersebut berjudul Ip Man 4: The Finale sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia. Film Ip Man 4: The Finale ini diproduksi oleh Pegasus Motion Pictures.

Tiga Rekomendasi Film Mandarin dari Morgan Oey

Di sekuel yang terakhir ini, cerita masih berpusat kepada sosok Ip Man yang diceritakan mendapat kenyataan buruk mengenai kesehatannya. Kemudian, berkat tiket yang diberikan oleh muridnya yakni Bruce Lee (Danny Chan), Ip Man akhirnya berangkat ke Amerika Serikat.

Ip Man memiliki beberapa tujuan pergi ke Amerika, salah satunya adalah mencari sekolah untuk anak laki-lakinya. Namun, ketika di Amerika, Ip Man menghadapi beberapa masalah, salah satunya adalah ketika bertemu dengan komunitas Wing Chun di Amerika yang diketuai oleh Wan Zhong Hua (Wu Yue).

Di Tengah Corona, Artis-artis China Tampil Bangga di Premier Mulan

Diketahui, bahwa Bruce Lee membuka sekolah Wing Chun di Amerika Serikat dan mendapat penolakan oleh warga setempat. Cerita semakin seru, saat Ip Man menemukan beberapa masalah lain yang harus ia selesaikan di tengah perjuangan mencari sekolah terbaik untuk anak laki-lakinya.

Secara keseluruhan, film Ip Man 4: The Finale ini menyajikan garis cerita perjuangan seorang Ip Man untuk melindungi budaya bela diri Wing Chun di Amerika dan perannya sebagai seorang ayah untuk memberi pendidikan terbaik untuk anaknya. Donnie Yen mampu membawakan karakter Ip Man dengan sangat baik dan halus, meski dalam adegan dan kondisi terdesak sekalipun.

Aktris Mulan, Liu Yifei Kabarkan Kondisi Keluarganya di Wuhan

Selama kurang lebih 105 menit durasi film, perasaan penonton akan dibuat campur aduk dengan jalan cerita yang tragis dan tentu saja menegangkan. Beberapa adegan pertarungan sampai babak belur pun menjadi bagian yang tak terpisahkan dari film Ip Man 4: The Finale ini. 

Beberapa aksi bela diri itu dijamin membuat penonton merasa tegang dan gemas terutama pada saat tim atau tokoh protagonis dalam film tersebut menerima pukulan mematikan dan terjatuh babak belur. Namun jika sebaliknya, ketika tokoh protagonis mampu mengalahkan tokoh antagonis, maka ketegangan itu berganti menjadi rasa senang. Bahkan pada saat screening film ini, terdengar para penonton bertepuk tangan ketika si protagonis melumpuhkan si antagonis.

Tidak hanya tegang, beberapa bagian film pun berhasil mengeruk emosi penonton bahkan sampai menitikan air mata. Kondisi kesehatan Ip Man menjadi salah satu bagian cerita yang sangat pilu dalam sekuel keempat film Ip Man ini. Ditambah lagi, meski kondisi kesehatannya tidak baik, Ip Man masih harus berjuang untuk negara dan keluarganya.

Lebih lanjut, jalan cerita atau konflik yang disajikan dalam film ini terlalu bercabang sehingga tampak kurang fokus kepada satu permasalahan. Namun, itu seakan menjadi langkah Wilson Yip sebagai sutradara untuk membuat film Ip Man 4: The Finale ini lebih menarik dan beragam.

Tidak hanya Donnie Yen, film ini juga dibintangi oleh Wu Yue, Scott Adkins, Danny Chan, dan Vanness Wu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya