Ingin Perfilman Indonesia Makin Maju, Nadiem Makarim Gandeng Netflix

Nadiem Makarim (tengah)
Sumber :
  • VIVA/ Misrohatun Hasanah

VIVA – Netflix baru saja mengumumkan investasinya sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14 miliar di Indonesia. Investasi ini akan digunakan untuk beberapa inisiatif, salah satunya membawa insan perfilman mengikuti program 'Script to Screen' di Hollywood.

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, Netflix akan mengirim 10 penulis skrip. Di sana mereka akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix dan komunitas kreatif global.

"Kita pilih bekerjasama dengan Netflix karena distribusinya sudah global. Apalagi cara kita menunjukkan talenta perfilman Indonesia kalau tidak melalui Netflix," ujar Nadiem Makarim di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Baca Al-Quran Sampai Khatam, Ini Agama Asli Will Smith

Penulis skrip yang dikirim ke Hollywood akan belajar mengenai konteks script writing dan film science. Selain itu platform asal negeri Paman Sam ini juga akan melakukan pelatihan di Indonesia dengan kuota 100 peserta.

Ada juga kompetisi film pendek dengan tema asas-asas Pancasila yang berhadiah sebesar US$600 ribu. Menurut mantan petinggi Gojek ini, dengan mengembangkan talenta semakin besar juga peluang Indonesia dijadikan destinasi produksi film.

Will Smith Diam-diam Baca Al-Quran saat Ramadhan: Begitu Terang nan Jelas

"Netflix sangat berbahagia mengetahui potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman. Terlebih dengan pemerintah yang mengembangkan, kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan," kata Managing Director Netflix Asia Pasific, Kuek Yu-Chuang.

Menurut Nadiem saat ini sudah waktunya Indonesia tampil di panggung dunia. Negara kita dikenal akan keindahannya, tapi baru sedikit yang diketahui dunia. Generasi saat ini harus memiliki warisan yang membanggakan untuk anak muda.

Menko PMK Muhadjir Effendi

Muhadjir Effendy Koordinasi dengan Kemendikbud soal 33 Kampus Diduga Terlibat TPPO

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy akan melakukan koordinasi dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024