Nicholas Saputra: Film Saya soal Lingkungan Hidup dari Pandangan Agama

Nicholas Saputra.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati

VIVA – Selama ini, Nicholas Saputra lebih dikenal sebagai aktor dan pemain film. Berkecimpung lama di dunia seni peran, membuatnya semakin mencintai dunia akting. Tapi berbeda dari sebelumnya yang biasa bekerja di depan layar, kali ini pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta itu mencoba peruntungan dengan menjadi seorang produser. 

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Di bawah rumah produksi Tanakhir Films, Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin, sebagai pendiri yang merangkap produser, mereka membuat sebuah film dokumenter panjang tentang alam berjudul Semesta. 

Film ini berkisah tentang tujuh sosok dari tujuh provinsi di Indonesia, yaitu Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Aceh, Papua dan Jakarta, yang bergerak untuk memperlambat dampak perubahan iklim. Caranya dengan merawat alam atas dorongan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing.

Planet Apa yang Paling Besar di Alam Semesta? Pastinya Bukan Jupiter

Ditemui saat Press Screening dan Press Conference film Semesta, Nicholas Saputra menceritakan kalau lokasi syutingnya bukan di kota-kota besar, melainkan di pelosok-pelosok daerah yang masih sulit untuk dijangkau. Namun, sebagai produser, aktor peraih Piala Citra ini mengaku, ia ikut terjun langsung ke daerah-daerah tersebut, untuk melakukan riset hingga mengikuti proses syuting. 

"Ada satu dua lokasi yang syutingnya gak ikut, karena ada kegiatan lain. Tapi untuk risetnya saya pergi ke semua tempat, mencari tempatnya, wisata dengan timnya," ujar Nicholas Saputra di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu 22 Januari 2020. 

5 Temuan Sains yang Terdapat di Dalam Alquran

Lebih lanjut pria berdarah Jawa - Jerman ini menuturkan kalau lokasi riset yang paling sulit adalah di daerah Papua Barat. Namun, untungnya mereka dimudahkan untuk urusan perizinan syuting. Nicholas juga mengatakan kalau film dokumenternya ini dijamin berbeda dengan film dokumenter yang lain. Lalu, apa saja sih perbedaannya? 

"Pertama topiknya. Saya belum pernah lihat ada dokumenter yang berbicara soal lingkungan hidup dari sudut pandang agama. Ini sesuatu yang saya yakin baru di film dokumenter," tutur Nicholas dengan penuh percaya diri. 

Kemudian menurut pemeran film Gie ini, film Semesta juga memiliki kualitas gambar dan suara yang dijaga dengan sangat baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya