10 Film Disney yang Nasibnya Masih Gantung Efek Pandemi Corona

Mulan, Shang-Chi, dan New Mutants
Sumber :
  • Disney

VIVA – Sejak merebak tiga bulan yang lalu di kota Wuhan, China, virus corona kian hari kian meluas ke berbagai belahan dunia. Virus yang sudah menyebar terhitung di 150 negara memengaruhi berbagai sektor industri, termasuk perfilman. Sebut saja rumah produksi Disney yang merupakan penghasil film-film animasi terkenal dunia.

Drama Korea Unmasked Bakal Tayang Akhir Tahun Ini di Disney+ Hotstar

Dilansir dari Screenrant, dikabarkan bahwa rumah produksi yang sudah didirikan sejak 16 Oktober 1923 tersebut harus menunda beberapa film populer mereka yang saat ini sedang dalam masa produksi. Penundaan ini diakibatkan oleh wabah virus corona COVID-19 yang sedang marak penyebarannya itu.

Mulan

Siap-siap Nonton Petualangan Seru, Film Moana 2 Bakal Rilis 27 November 2024

Salah satu film layar lebar paling ditunggu akhir-akhir ini adalah film Mulan. Mulan yang merupakan film adaptasi dari animasi terkenalnya dengan judul yang sama tersebut harus tertunda perilisannya akibat dari pandemi ini.

Film yang memiliki anggaran produksi sekitar US$200 juta atau setara Rp3 triliun tersebut sejatinya akan melakukan debut premier di minggu akhir bulan Maret 2020 nanti. Namun Disney menundanya.

Disney Umumkan Moana 2 Tayang di Bioskop pada November 2024

Sampai sekarang rumah produksi ini belum bisa mengumumkan kapan tanggal rilis film ini akan dipublikasikan.

Antlers

Film horor yang disutradarai oleh Guillermo del Toro ini dijadwalkan akan rilis pada 17 April 2020 mendatang. Film yang dibintangi oleh Keri Russel dan Jesse Plemons tersebut akhirnya mau tidak mau menunda perilisannya akibat darurat kesehatan ini.

Kisah dalam film tersebut bercerita mengenai sepasang saudara kandung yang menemukan seorang anak lelaki di sebuah kota kecil yang memelihara mahkluk gaib di rumahnya. Antlers adalah salah satu film unggulan juga yang diusung oleh Disney setelah perilisan trailer film live-action Mulan. 

Disney menunda peluncurannya sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Mereka sendiri berharap Antlers bisa tayang tahun ini.

New Mutants

Hal yang mengejutkan dari film ini adalah mereka sudah hampir empat kali mengubah tanggal perilisannya sejak dua tahun yang lalu. Itu semua dimulai pada pertengahan 2018.

Semula film ini sudah diumumkan pada tanggal 12 April 2018, namun diubah menjadi Februari 2019 karena takut kalah tersaingi oleh film Deadpool 2. Selanjutnya New Mutants kembali pindah jadwal rilis ke bulan Agustus 2019, dengan alasan memberikan kesempatan lebih untuk film X-Men: Dark Phoenix.

Akhirnya Disney mati-matian untuk bisa menetapkan tanggal perilisannya pada 3 April 2020 mendatang. Tapi lagi-lagi Disney harus gigit jari dengan menghadapi gangguan virus corona yang sedang merebak ini, mereka mau tidak mau harus menuda kembali perilisan itu.

The Little Mermaid

Film animasi yang terkenal ikonik dengan karakter Putri Duyungnya ini santer kabarnya sedang dibuat versi live-action seperti Mulan.

Film yang akan dijadwalkan mulai syuting perdana di kota London, Inggris ini harus tertunda oleh Disney sebelum benar-benar langkah produksinya dimulai.

Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings

Film yang berasal dari franchise Marvel Cinematic Universe (MCU) ini sudah ditetapkan untuk tayang pada 12 Februari 2021 mendatang. Meskipun masih satu tahun lagi, tapi proses syuting sudah berjalan dari tahun ini.

Rumah produksi Disney harus menunda produksi film yang dibintangi oleh Simu Liu, Awkwafina, dan aktor legendaris Hong Kong, Tony Leung yang debut film Bahasa Inggris pertamanya ini. Alasannya, karena sang sutradara menjalani tes virus corona dan disarankan dokter mengisolasi diri saat pengambilan gambar di Australia.

Home Alone

Tahu serial film Home Alone? Versi reboot-nya sedang dipersiapkan. Film ini sejatinya akan tayang eksklusif di channel streaming milik rumah produksi Disney+.

Namun masih belum tahu pasti kapan akan dirilis, tapi yang pasti proses syuting yang baru saja menemukan aktor utamanya itu harus dijadwalkan ulang akibat darurat kesehatan masyarakat ini.

The Last Duel

Ada film yang akan dibintangi oleh aktor Ben Affleck, Matt Damon, serta Adam Driver. The Last Duel dikabarkan sudah selesai melakukan pengambilan gambar di Prancis. Namun saat tiba di negara selanjutnya, Irlandia, untuk melanjutkan proses syuting ini, mereka harus tertunda karena virus corona.

Namun pihak Disney akan sesegera mungkin menyelesaikan film ini. Film tersebut sudah dijadwalkan akan rilis pada Desember 2020.

Nightmare Alley

Guillermo del Toro seakan menjadi pilihan utama Disney dalam menggarap film-film besar mereka. Selain disutradarai oleh del Toro, film ini juga menyeret sejumlah nama-nama besar seperti Bradley Cooper, Rooney Mara, Cate Blanchett, Toni Collette, Willem Dafoe, dan Ron Perlman.

Film ini memang belum mempunyai tanggal rilis yang pasti. Tapi sudah dua bulan dalam pengambilan gambar sejak awal tahun ini. 

Peter Pan & Wendy

Film lain yang diangkat juga dari serial animasinya yaitu, Peter Pan akan dibuat versi live-action-nya oleh Disney. Film ini bakal tayang di saluran pribadi milik Disney dan sampai saat ini masih belum diketahui kapan tanggal rilisnya. Namun semua sudah memasuki tahap pra-produksi sebelum akhirnya Disney menghentikan prosesnya.

Shrunk

Terakhir ada film Shrunk yang ditunda proses syutingnya oleh Disney. Sama seperti film Peter Pan & Wendy yang masih berada dalam tahap pra-produksi tersbut, film ini pun harus ikut tertunda oleh wabah pandemi yang sudah ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat ini.

Film reboot yang dimainkan oleh Rck Moranis yang juga merupakan aktor asli dari film sebelumnya, akan melanjutkan petualangan yang pernah booming pada tahun 1997 tersebut. Film ini akan eksklusif ditayangkan di channel Disney+.

Penulis: Abdulah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya