Selain Contagion, 3 Film Tentang Virus Ini Dialognya Bikin Merinding

Salah satu adegan di film Kingsman pertama.
Sumber :
  • Facebook Kingsman The Movie

VIVA – Belakangan ramai soal film Contagion yang dianggap mirip dengan pandemi virus corona yang terjadi saat ini. Dalam film tersebut, dikisahkan virus yang berasal dari kelelawar. Film itu dibintangi Matt Damon, Jude Law dan banyak bintang ternama lainnya.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Namun, tahukah Kamu, selain film itu, beberapa film di bawah ini juga memiliki dialog yang membuat bulu kuduk berdiri, jika dikaitkan dengan situasi saat ini.

Berikut daftar film yang kini dikaitkan dengan pandemi virus corona atau COVID-19 yang terjadi saat ini, dihimpun dari berbagai sumber.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

The Simpsons

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Banyak desas-desus yang menyebut animasi The Simpsons mampu melihat masa depan. Salah satunya adalah saat Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat. Kartun tersebut menggambarkannya terlebih dahulu sebelum hal itu jadi kenyataan.

Kini, film itu disebut kembali meramalkan sesuatu di masa depan, tepatnya virus corona dan lebih spesifiknya lagi mengenai Tom Hanks. Dalam salah satu episodenya, Tom Hanks hadir sebagai bintang tamu. Ia sempat mengucapkan untuk menghindarinya.

Ini Tom Hanks yang sedang bicara. Jika Anda melihat saya secara langsung, tolong tinggalkan saya," katanya dalam episode tersebut.

Hal itu buat kebanyakan orang mencocokkan antara isolasi yang dijalani Tom Hanks karena positif virus corona dan dialognya saat itu.

Kingsman: The Secret Service

Film ini boleh jadi bertema laga. Namun, dalam salah satu dialog, karakter Valentine yang diperankan Samuel L Jackson menjelaskan soal virus dan manusia. Dalam dialognya tersebut, Valentine mengibaratkan bumi sebagai induk dan manusia adalah virus atau sebaliknya.

Ketika kena virus membuat kamu demam, naiknya tubuh manusia adalah cara tubuh untuk membunuh virus. Planet bumi bekerja dengan cara yang sama. Pemanasan global adalah demam. Manusia adalah virus. Kita membuat planet ini sakit. Pengurangan populasi adalah satu-satunya harapan. Jika kita tidak mengurangi populasi kita sendiri, hanya ada dua kemungkinan yang terjadi, induk (bumi) membunuh virus (manusia) atau virus (manusia) membunuh induk (bumi),” ujarnya dalam film tersebut.

Inferno

Film Inferno yang dibintangi Tom Hanks ini menampilkan salah satu penjahat bernama Bertrand Zorbist. Dalam pidato yang disaksikan oleh tokoh Tom Hanks, Bertrand memaparkan mengenai populasi manusia yang terus bertambah. Ia juga menyebutkan kalau KB tidak berhasil menghentikan laju populasi.

Setiap penyakit yang mewabah di bumi disebabkan oleh kelebihan populasi manusia,” ujarnya dalam film tersebut.

Film yang diangkat dari novel Dan Brown ini kemudian menyebut manusia yang terus menyakiti bumi dengan cara merusak lingkungan. Hal itu yang akan kembali menyakiti manusia, menurut Zorbist.

Dan kita masih saja terus menyerang lingkungan. Ada 5 kepunahan besar dalam sejarah bumi. Dan jika kita tidak segera bertindak, kepunahan yang ke-6 adalah kita sendiri,” katanya.

Karena hal itu, akhirnya Zorbist melepaskan virus. Virus tersebut diberi nama Inferno dan menyerang umat manusia tanpa memandang jenis kelamin, umur maupun status social.

Kita telah menciptakan neraka kita sendiri. Tanda-tanda sudah begitu jelas, tapi solusi tidak pernah dilakukan. Sekarang aku akan mengambil tindakan. Jika kalian menyaksikan ini, berarti virus Inferno sudah dilepaskan tengah malam tadi dan sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Enam hari kemudian virus akan melipat ganda, menyerang pria, wanita, anak-anak. Saat ini populasi dunia saat ini akan berkurang setengahnya. Tapi aku ingin mereka tahu semua penyebabnya adalah kita. Dan ini adalah penebusan kita,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya