9 Film dan Serial Bertema Pandemi, Wabah Flu hingga Zombie

Kingdom, Contagion, The Flu.
Sumber :
  • CineMaterial

VIVA – Sudah dua pekan sejak pemerintah meminta masyarakat untuk berdiam diri di rumah guna menghentikan penyebaran virus corona atau COVID-19. Memasuki minggu ketiga, rasa bosan tentu menghampiri.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menonton film kerap jadi alternatif pengusir rasa bosan selama di rumah. Dengan kondisi dunia yang sedang dilanda wabah virus corona COVID-19, film dengan tema pandemi banyak dicari belakagan ini. Mengutip AsiaOne, berikut daftar film dengan tema pandemi yang mungkin menarik untuk kamu tonton.

Kingdom 1 & 2

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Kingdom bisa menjadi pilihan untuk disaksikan selama kalian berada di rumah. Serial ini disutradarai oleh Kim Seong Hun yang juga menyajikan tontonan sinematik yang keren. Kingdom mengisahkan tentang Korea di masa Joseon ketika wabah menginfeksi sebagian besar orang bahkan sang raja dan mengubah mereka menjadi zombie.

Ta hanya sekadar cerita zombie biasa, Kingdom juga menampilkan plot politik tentang mereka yang haus akan kekuasaan, Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji Hoon) pun harus mengakhiri wabah ini dan mengambil kembali takhtanya. Kingdom hadir di Netflix dalam dua season saat ini.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Contagion

Film Contagion sendiri dirasa cukup mirip dengan apa yang sedang kita alami saat ini, sebab pandemi yang muncul langsung memakan banyak korban. 

Virus dalam film ini disebut MEV-1 yang menyebar dari kelelawar ke babi yang disembelih di pasar China, yang akhirnya menginfeksi Beth (Gwyneth Paltrow). Para ilmuwan pun harus berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin.

Pandemic: How To Prevent an Outbreak

Dokumenter ini dirilis pada bulan Januari lalu di mana virus corona atau COVID-19 baru saja muncul dan menyebar luas. Pandemic merupakan serial dokumenter yang menggambarkan para pahlawan kesehatan di garis terdepan.

Film ini dimulai dengan adanya virus mematikan yang bergerak cepat dan bagaimana tim medis di seluruh dunia bekerja untuk menangkal wabah virus yang cukup banyak, mulai dari flu musiman dan Ebola hingga masalah lainnya.

Cargo

Film Cargo mengisahkan dunia yang telah hancur karena virus zombie, yang mengubah manusia yang terinfeksi menjadi pemakan otak setelah 48 jam.? Andy (Martin Freeman) digigit oleh istrinya sendiri yang telah menjadi zombie. Ia hanya memiliki dua hari untuk menemukan tempat yang aman bagi bayi perempuan mereka, Rosie.

Perjalanan mereka melintasi pedalaman Australia penuh dengan bahaya, film ini menunjukkan bagaimana keberanian Andy dengan drama yang mengharukan.

World War Z

World War Z tentu film ini tidak asing. Film ini mengisahkan Brad Pitt yang berperan sebagai mantan penyelidik PBB dalam misi untuk melacak asal-usul wabah zombie yang telah membanjiri dunia. Siap-siap tahan napas saat nonton film ini.

Flu

Film Flu ini juga dianggap mirip dengan situasi sekarang. Film dengan bencana besar di Korea Selatan ini menampilkan penyakit flu yang mematikan dengan julukan H5N1, yang muncul dari imigran gelap.

Kota menjadi rusuh ketika pemerintah meminta untuk mengunci sebuah kota agar tidak ada yang melarikan diri. Film dengan banyaknya adegan tembak-menembak dari militer dan bagaimana rumah sakit akhirnya dikuasai ini cocok untuk disaksikan.

28 Days Later

28 Days Later ini berkisah tentang sekelompok aktivis hak-hak hewan yang membebaskan simpanse dari sebuah laboratorium, sayangnya simpanse yang mereka lepaskan membawa virus yang mematikan.

28 hari kemudian ada seorang pria yang terbangun dari koma dan melihat sebagian orang telah berubah menjadi monster. Film ini sangat menarik dengan kengerian yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

The Rain

Berbeda dari film lain, The Rain hadir dengan virus yang berasal dari air hujan. Film ini mengisahkan kehancuran dunia akibat virus itu yang telah merenggut jutaan nyawa manusia.

Film ini dimulai ketika seorang anak bernama Simone yang diselamatkan oleh ayahnya ke sebuah bunker bersama dengan adiknya. Tetapi selama enam tahun berlalu, sang ayah tidak kembali dan akhirnya mereka berdua memutuskan untuk keluar dari bunker dan bergabung dengan kelompok pejuang lainnya.

12 Monkeys

Film fiksi ilmiah ini cukup memusingkan karena kita harus berpindah waktu dari tahun 1996 dan 2035. James Cole ditugasi untuk kembali pada saat virus itu ada dan menghentikan kelompok yang menyebarkan virus itu.

Tetapi setelah kembali ke masa lalu, ia segera dirawat di rumah sakit karena kegilaan. Film ini menarik sebab kita melihat bagaimana orang-orang hebat pada masa itu menghentikan virus di masa lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya