3 Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme Teman Nonton Saat di Rumah Aja

Film Darah Garuda
Sumber :
  • syahrul anshari/VIVAnews

VIVA – Setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, tak banyak yang bisa dilakukan untuk memperingatinya sebab anjuran untuk tetap menerapkan physical distancing.

Serial TV FBI: Dari Kejahatan Terorisme Hingga Skandal Politik

Tapi, supaya tetap tidak bosan dan bisa memperingati hari bersejarah ini, berikut tim VIVA sudah merangkum beberapa film yang bisa kalian tonton di tengah-tengah pandemi COVID-19 ini.

Merah Putih (2009)

SEAL Team, Aksi Seru Pasukan Elit Amerika Tuntaskan Misi Khusus

Film ini merupakan film pertama yang dirilis dari trilogi film merdeka. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan diperankan oleh aktor serta aktris papan atas Indonesia seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola, Teuku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Rudy Wowor, dan Astri Nurdin.

Film ini berkisah tentang sekelompok tentara pejuang Indonesia yaitu Amir (lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Seorono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya) yang mengikut latihan militer di sebuah barak Bantir di Semarang, Jawa Tengah.

Nostalgia, Beverly Hills 90210 Bisa jadi Tontonan Seru di Masa PPKM

Mereka masing-masing punya latar belakang, suku dan agama yang berbeda. Suatu waktu kamp konsentrasi pelatihan mereka di serang, dan hanya mereka berlima yang mampu lolos.

Dalam perjalanan bertahan hidup mereka melawan tentara penjajah sering terjadi konflik yang mengatasnamakan suku dan agama. Namun seiring berjalannya waktu, mereka semua dapat bersatu tanpa memandang latar belakang kelimanya.

Darah Garuda (2010)

Dua tahun berselang akhirnya lanjutan trilogi film merdeka kembali meluncur yaitu berjudul, Darah Garuda. Film ini masih dibintangi oleh para pemeran utama yang masih sama, dan sedikit ada penambahan aktor lain.

Dalam film Darah Garuda ini, konflik yang dihadirkan masih sama diwarnai oleh perbedaan status sosial, etnis, budaya dan agama. Namun, kini mereka semua bersahabat dan terhubung oleh salah satu pejuang heroik pada masa itu yang juga merupakan pahlawan nasional, Jenderal Soedirman.

Para kadet tentara ini kembali bergerilya dan diberi tugas rahasia dengan diminta untuk menghancurkan pangakalan udara milik Belanda di daerah Jawa Barat.

Merah Putih (2011)

Film yang terakhir dirilis dalam trilogi film merdeka adalah berjudul “Hati Merdeka” yang meluncur pada tahun 2011. Yadi Sugandi yang masih dipercaya sebagai sutradara trilogi tersebut dalam film ini dibantu oleh Conor Allyn.

Film ini menjadi puncak dari perjalanan kelima kadet pejuang Indonesia tersebut. Namun dalam film terakhir ini, kesetiaan lima sekawan itu diuji dengan Amir (yang diperankan Lukman Sardi) yang saat itu menjadi pimpinan pasukan mereka memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tanpa pemimpin serta dirundung kesedihan itu, para kadet kembali membawa misi dendamnya ke Bali tempat kadet Dayan (yang diperankan Teuku Rifnu Wikana) yang bisu tinggal. Untuk diketahui, saat itu Bali tengah menjadi pusat konsentrasi Belanda.

Laporan: Abdulah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya