Bu Tejo Bikin Geger, Film Tilik Jadi Sorotan

Peran Bu Tejo dalam Film Tilik
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Peran Bu Tejo menjadi trending topik di lini masa Twitter. Tagar  #BuTejo jadi perbincangan karena jadi salah satu tokoh dalam film pendek berjudul "Tilik". Film Tilik sendiri merupakan film produksi Ravacana Films yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Yogyakarta yang rilis di tahun 2018 lalu yang mengangkat tema gosip dan ghibah. 

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Film Tilik ini berkisah tentang kelompok ibu-ibu di kampung yang ingin menjenguk Bu Lurah yang sedang sakit di sebuah rumah sakit di kota. Rombongan ibu-ibu itu kemudian menumpangi truk terbuka menuju rumah sakit. Selama perjalanan para ibu-ibu itu membicarakan tentang sosok Dian yang merupakan seorang kembang desa.

Sosok Bu Tejo dalam film pendek ini begitu ramai diperbincangkan netizen karena mampu menggambarkan sosok ibu-ibu yang memang ada dalam kehidupan nyata. Dalam film Tilik ini, Bu Tejo memiliki karakter sebagai sosok "kompor" gosip di antara para ibu-ibu. Hal ini terlihat pada awal film, ketika mendengar cerita soal Dian yang mengantarkan Bu Lurah, Bu Tejo kemudian menjadi inisiator untuk menggosipkan Dian. 

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Baca Juga: #TanyaDokter: Vagina Bau Tak Sedap, Apa Penyebabnya?

Bermula dari menanyakan apa pekerjaan Dian yang kemudian disebutnya memiliki pekerjaan kurang baik. Alhasil tetangga di sebelah Bu Tejo terpancing untuk membicarakan Dian sepanjang perjalanan menuju rumah sakit.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Selain itu karakter Bu Tejo dalam film pendek Tilik ini juga dianggap netizen suka pamer. Terlihat dari adegan saat Bu Tejo usai memberikan uang tip tambahan kepada supir truk. Dalam cuplikan, terlihat Bu Tejo memamerkan perhiasan yang dikenakannya di pergelangan tangan dan jari tangannya secara tersirat. Selain itu dia juga memamerkan sifat suaminya yang berbeda dengan orang lain.

"Eh nggak usah ya Allah, beneran. Suamiku kan tipe orang yang langsung kerja gak kebanyakan ngomong ambil saja ini ikhlas," kata dia saat menolak supir truk membalikkan uang tambahan dari suaminya.

Sontak karakter Bu Tejo dalam film Tilik ini menuai banyak komentar positif dari netizen.

"Bu Tejo adalah tipe orang yang ingin kamu lihat di tv tapi dibenci di kehidupan nyata," kata netizen.

"Bu Tejo akan selalu menjadi bagian dalam kehidupan sosial kita," komentar lainnya.

"Bu tejo adalah tetangga kita," komentar netizen.

"Setiap lingkungan pasti ada bu tejo di dalamnya," komentar lainnya.

"Bu Tejo adalah real women," komentar lainnya.

Untuk diketahui, film Tilik sendiri merupakan garapan rumah produksi Ravacana Films, yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY. Berdurasi 32 menit, film ini pernah menjuarai kategori Film Pendek Terpilih dalam Winner Piala Maya 2018.

Selain itu, film ini juga pernah menyabet penghargaan Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival tahun 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam tahun 2019. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya