Ammonite, Film Kate Winslet Tentang Lesbian Tuai Kontroversi

Kate Winslet dan Saoirse Ronan di film Ammonite.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Film kontroversial yang dibintangi Kate Winslet berjudul Ammonite baru saja merilis trailer resmi pertamanya. Di film garapan sutradara Francis Lee ini, Kate beradu akting dengan aktris muda yang dikenal lewat film Lady Bird dan Little Women, Saoirse Ronan.

Pesan Presiden Vladimir Putin untuk Kaum LGBT di Rusia

Yang membuat film ini menuai kontroversi, bahkan sebelum tayang adalah karena Ammonite terinspirasi dari ahli paleontologi dan pemburu fosil Inggris, Mary Anning dan mengangkat kisah Mary sebagai seorang lesbian atau penyuka sesama jenis.

Baca Juga: Mesranya Kate Winslet-Leonardo DiCaprio, On Off Screen

10 Film Terbaik Hollywood yang Rilis Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Dilansir dari laman Aceshowbiz, Kamis, 27 Agustus 2020, di film ini, Kate Winslet berperan sebagai Mary Anning, ahli paleontologi yang diakui, tetapi diabaikan. Ia dikisahkan bekerja sendirian di garis pantai berbatu di selatan Inggris. Film ini mengambil latar Inggris di era 1840-an.

Sinopsis

Soal Isu Mirna dan Jessica Wongso Lesbian, Edi Darmawan Bilang Begini

Mary bekerja mencari fosil umum untuk dijual ke turis untuk menghidupi dirinya dan ibunya yang sakit. Suatu hari, Charlotte (Saoirse Ronan) dan suaminya mengunjunginya.

"Istri saya, dia sama sekali tidak sehat akhir-akhir ini," kata sang suami, diperankan oleh James McArdle.

"Dia menderita melankolia. Aku ingin dia berjalan-jalan bersamamu, belajar darimu."

Awalnya Mary menolaknya. "Saya tidak sedang mencari karyawan magang," ucapnya.

Tetapi sang suami menawarkan bayaran yang bagus dan terlalu sulit untuk ditolak.

Saat Charlotte akhirnya magang dan bekerja dengan Mary, keduanya terlibat asmara, meskipun awalnya terjadi bentrokan di antara mereka. karena kelas sosial dan kepribadian yang berbeda.

"Saya tidak ingin kembali ke kehidupan yang saya miliki sebelum bertemu denganmu," ucap Charlotte di akhir trailer.

Penuh kontroversi

Ammonite digadang-gadang bakal mendapat tempat dalam daftar nominasi Oscar. Namun, film ini menerima kritikan keras setelah tahun lalu diumumkan bakal fokus pada kisah cinta Mary Anning dan Charlotte.

"Saya tidak percaya ada bukti yang mendukung penggambarannya sebagai seorang wanita lesbian," kata anggota keluarga Anning, Barbara Anning.

Ia menyebut keputusan itu untuk mengangkat hubungan lesbian Mary Anning adalah sesuatu yang sensasional.

Kerabat keluarga Anning lainnya, Lorraine Anning, memberi syarat, "Asalkan disajikan dengan baik dan dilakukan dengan selera tinggi”, maka itu tidak masalah.

Menjelaskan pandangannya tentang kisah hidup Mary, sang sutradara, Francis Lee mengatakan awal tahun ini bahwa Ammonite bukanlah film biografi, melainkan film yang terinspirasi oleh kehidupan Mary Anning dan juga penelitiannya tentang hubungan perempuan sesama jenis pada periode tersebut.

"Gagasan tentang dua perempuan yang sebenarnya menjalin hubungan bersama bukanlah pemikiran yang pernah dimiliki siapa pun dalam masyarakat (di era tersebut)," katanya.

Ammonite dijadwalkan tayang perdana di Festival Film Cannes dan diputar di Festival Film Telluride sebelum akhirnya dibatalkan karena pandemi virus corona. Sebagai gantinya, film ini akan diputar secara perdana pada September 2020 sebagai bagian dari Festival Film Toronto.

Ammonite dirilis di bioskop pada 13 November 2020 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya