Good Doctor Versi Korea Vs Amerika Mana yang Paling Seru?

Good Doctor
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Serial drama Good Doctor yang tayang pada 2013 di KBS menjadi salah satu drama bertema medis begitu populer. Saking populernya, drama yang dibintangi oleh Joo Won, Moon Chae Won hingga Joo Sang Wook ini diadaptasi di beberapa negara seperti Amerika Serikat yang ditayangkan di ABC Studios.

Pentingnya Sistem Manajemen Keamanan untuk Jaga Data Pengguna

Baik serial aslinya maupun remake di Amerika, serial Good Doctor ini sama-sama mengisahkan kehidupan seorang dokter yang menderita sindrom autisme dan savant syndrome. Namun demikian kemampuan analisanya tidak diragukan lagi. 

Meski begitu, karena kondisi kesehatannya, pemeran utama pria dalam serial Good Doctor ini sama dinilai sebagai sosok yang kekanak-kanakan dan tidak bisa diandalkan. 

Sempat Ditunda, Ini Sinopsis Kill Heel yang Tayang Malam Ini

Good Doctor Korea Vs Good Doctor AS

Baca Juga: Drama Korea Laris Manis Dibuat Versi Hollywood

Drama Thirty-Nine Gak Tayang Minggu Depan, Ini Alasannya

Selain itu, baik versi asli maupun re-makenya Amerika Serikat, serial Good Doctor juga sama-sama mengangkat cerita tentang perebutan jabatan di rumah sakit. Lalu apa yang berbeda dari dua serial tersebut?

Jalur cerita

Meski sama-sama mengangkat cerita tentang sosok dokter autisme yang pintar, namun beberapa jalur cerita versi Amerika juga mengalami sedikit perubahan. 

Misalnya saja jika sosok pemeran utama dokter Park Good Doctor Korea memiliki seorang kakak yang meninggal saat bermain dengannya di sebuah tambang. Sedangkan sosok pemeran utama dr. Shaun Murphy (Freedie Highmore) memiliki adik, yang juga sama-sama meninggal karena jatuh saat bermain di atas gerbong kereta tua. 

Sementara itu di versi aslinya, tokoh  Shi On bekerja di rumah sakit anak, St. Bonaventure namun Shaun lebih banyak merawat lebih banyak jenis pasien dan kasus.  

Perbedaan juga terasa di serial ini. Jika di versi Amerika atasan Shaun mengizinkannya melakukan operasi di awal episode. Di serial aslinya, dokter Park tidak diizinkan untuk melakukan operasi.

Selain itu jika versi aslinya Moon Chae In digambarkan sebagai dokter senior, namun di versi Amerika sosok Lea digambarkan sebagai dokter junior dari Shaun.

Kisah romansa

Jika pemeran utama Shi On dan Yoon Seo berkencan dan, akhirnya hidup bersama.  Sebaliknya, Shaun dan Claire hanya menjalin hubungan pertemanan, dan Shaun belum pernah berkencan dengan siapa pun.  

Peliharaan tokoh utama

Perbedaan terbesar dan paling mencolok antara kedua serial Good Doctor adalah kelinci peliharaan tokoh utama.  Kelinci peliharaan Shi On berwarna putih, bukan coklat. 

Sedangkan di versi Amerika, kelinci peliharaan Shaun berwarna coklat. Berbeda dengan di Korea, serial Good Doctor versi Amerika ada adegan dimana ayah Shaun melempar kelinci ke dinding hingga meninggal. Adegan ini pun menuai banyak kritik dari para penonton.

Good Doctor

 Jumlah episode

Serial Good Doctor Korea hanya memilik 1 season dengan 20 episode. Sedangkan seriak Good Doctor versi Amerika memiliki 4 season dengan 56 jumlah episode. Serial Good Doctor versi Amerika yang panjang ini juga sangat mengembangkan tokoh Shaun. 

The Good Doctor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya