Pengin Jadi Filmmaker? Ini 4 Alat yang Wajib Kamu Punya

Ilustrasi filmmaker.
Sumber :
  • http://www.vestyles.com/

VIVA – Dahulu membuat film mungkin hanya sebuah angan untuk sebagian orang. Namun kemajuan teknologi membuat siapapun kini bisa memproduksi film. Apalagi dengan semakin banyak platform yang bisa menjadi wadah untuk menyalurkan banyak filmmaker" target="_blank">filmmaker, baik pemula maupun profesional.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Minat jadi filmmaker atau vlogger, kenapa enggak? Saat memutuskan untuk menjadi filmmaker atau berkarier di industri kreatif seperti film, enggak ada salahnya untuk investasi peralatan-peralatan sustainable untuk waktu yang lama. 

Berikut rekomendasi empat alat yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin menjadi filmmaker, dikutip dari siaran pers iBox Indonesia, Selasa 3 November 2020. 

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Baca juga: 7 Kesalahan Menjaga Jarak Ini Buat Kamu Berisiko Tertular COVID-19

iPhone

Wanita Cantik Ini Mengaku Dirampok dan Disekap, Ternyata Iphone dan Perhiasannya Digadaikan

Kalau enggak punya kamera, kamu bisa membuat film dengan kamera iPhone. Film Tangerine (2015) atau Searching For Sugar Man (2012), adalah contoh film yang direkam menggunakan iPhone dan menyabet banyak penghargaan.

Kamu bisa menggunakan iPhone 11 dengan dua kamera belakang yang dapat merekam gambar 4K pada 60fps, lengkap dengan slo-mo, time-lapse, stabilisasi video sinematik, dan jangkauan dinamis yang diperluas hingga 4K di kedua kamera. 

Laptop spesifikasi tinggi

Untuk 'menjahit' klip video yang kamu rekam, kamu membutuhkan software untuk melakukan editing. Editing berguna selain untuk menyatukan gambar juga menambahkan banyak efek visual agar konten yang kamu hasilkan makin dramatis hasilnya.

Kalau ingin investasi di laptop, kamu bisa pakai Macbook Pro 2020. Dengan teknologi Magic Keyboard, keyboard Macbook Pro 2020 lebih nyaman digunakan untuk mengerjakan berbagai hal. 

Baca juga: Pemilu AS, Kanye West Pilih Diri Sendiri untuk Jadi Presiden

Macbook Pro 2020 juga menggunakan layar Retina Display (13 dan 16 inci) yang memiliki tingkat kecerahan 500 nits. Sehingga menatap layar Macbook berlama-lama sangat tidak masalah.

Atau kamu juga bisa berinvestasi ke iMac 2019. Tersedia varian 21 dan 27 inci untuk kebutuhan editing yang maksimal. Untuk layar varian 21 inci, Apple menyematkan teknologi Retina 4K, sedangkan varian 27 inci sudah menggunakan Retina 5K. 

Earphone berkualitas

Saat editing kualitas suara dari produksi film juga memengaruhi kualitas konten yang akan kamu hasilkan. Maka dari itu, dibutuhkan earphone yang dapat menghasilkan suara yang balance dan film yang dihasilkan menjadi sempurna.

Saat digunakan untuk mendengarkan musik, AirPods Pro mampu memanjakan telinga pengguna dengan kualitas audio terbaik. Salah satu fitur pendukung ini adalah Adaptive EQ, yang akan menyetel audio berdasarkan bentuk telinga pengguna secara spesifik.

Selain itu ada fitur active noise cancellation dengan desain tertutup yang menawarkan kenyamanan yang lebih baik untuk beberapa pengguna. Dengan ear tip tertutup dan active noise cancellation yang menggunakan mikrofon untuk menyesuaikan fitur noise-cancelling, AirPods Pro jadi bisa memblokir kebisingan di luar earphone

Tablet

Kamu juga bisa menggunakan tablet iPad untuk kebutuhan editing konten video atau film yang sedang diproduksi. Apalagi saat harus mobile, iPad Pro 2018 atau iPad Pro 2020 bisa kamu andalkan untuk semakin produktif di mana aja.

Photo :
  • PhoneArena

Tablet iPad Pro 2020 menggunakan chipset A12Z Bionic, chipset terpintar iPad saat ini. A12Z Bionic ditingkatkan agar lebih optimal ketika digunakan untuk menjalankan tugas intensif seperti mengedit video 4K dan membuat model 3D. 

Chipset ini juga membuat iPad Pro generasi terbaru, yakni teknologi ProMotion 120Hz yang bikin pindah-pindah aplikasi jadi smooth abis!

Nah, yang enggak kalah penting iPad Pro 2020 juga hadir dengan Magic Keyboard yang dapat digunakan selayaknya kamu menggunakan Macbook. Selain itu, iPad Pro Generasi 4 ini juga kompatibel dengan Apple Pencil Generasi 2. Jadi, kalau mau edit color grading akan lebih nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya