Isi Suara Honghui di Film Mulan, Suara Dion Wiyoko Sampai Serak

Dion Wiyoko
Sumber :
  • Ichsan/VIVA.co.id

VIVA – Aktor Dion Wiyoko mendapatkan kesempatan untuk mengisi suara karakter Honghui dalam film Mulan. Itu merupakan seorang prajurit handal yang pada awalnya merupakan saingan dari Mulan, namun berakhir sebagai sahabat Mulan. 

Jadi Dubber Takeshi's Castle, Soleh Solihun Nyerah Kalau Ditantang Main Langsung

Ternyata saat menjadi dubber Honghui, suara Dion Wiyoko sampai serak. Itu menjadi salah satu momen tak terlupakan untuk aktor berusia 36 tahun ini. 

"Yang memorable setelah ngisi suara, suara saya langsung serak. Dari situ saya belajar banyak, setelah isi suara 1 - 2 jam langsung serak. Karena saya banyak ambil suara dari tenggorakan. Kata pelatih, mengisi suara harusnya pakai suara perut," kata Dion saat preskon virtual, Kamis, 19 November 2020.

Main Bareng Film Sleep Call, Bio One Blak-Blakan Pernah 4 Bulan Pacari Laura Basuki

Dari pengalaman itu, ternyata Dion baru menyadari ternyata seorang aktor harus juga belajar mengolah vokal selain mahir dalam  berakting. 

"Aktor memang harusnya ada olah vokal yah. Yang pasti bisa kolaborasi melihat pemain Jet Li, dan aku bisa jadi pengisi suara itu sangat memorable," kata Dion. 

Cerita Arbani Yasiz Isi Suara di Film Animasi, Suara sampai Serak

"Iyah benar, aktor juga harus belajar olah vokal," ujar Luna Maya. 

Ini memang merupakan pengalaman pertamanya Dion menjadi seorang dubber. Ini merupakan pengalaman baru dan berharga untuk seorang Dion Wiyoko. 

"Yang pasti ini sangat spesial karena pengalaman pertama jadi dubber. Sesuai dengan apa yang aku pikirkan, memang tidak mudah menjadi dubber karena harus mengetahui tone suara dan karakter pemain," katanya. 

Film live-action Disney's Mulan akan tayang pada 4 Desember 2020 mendatang di Disney+ Hotstar. Selain itu, ada Yura Yunita, Nadin Amizah, Agatha Pricilla, dan Sivia Azizah mendapatkan kesempatan untuk menyanyikan lagu Reflection yang merupakan soundtrack dari film Mulan yang mulai dapat didengarkan pada 20 November di platform musik digital.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya