Perempuan Tanah Jahanam Borong 6 Piala Citra FFI 2020

Cast Film Perempuan Tanah Jahanam
Sumber :
  • VLIX.id/Purna Karyanto

VIVA – Film Perempuan Tanah Jahanam sukses borong enam kategori  Piala Citra Festival Film Indonesia atau FFI 2020. Termasuk kemenangan untuk peraih Film Panjang Terbaik karya sutradara Joko Anwar.

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Perhelatan tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dan secara virtual, Sabtu malam, 5 Desember 2020. Di tahun ini, acara itu digelar dengan cara berbeda lantaran pandemi COVID-19 yang masih melanda.

Baca Juga: Digelar Malam Ini, FFI 2020 Hanya Undang Para Peraih Nominasi

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

Uniknya, momen ini juga memberi sesuatu yang berbeda dengan membuat film bergenre horor thriller Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam meraih lebih dari satu piala.

Di tahun 2020 ini, film besutan Joko Anwar dan diproduseri oleh Shanty Harmayn itu berhasil mengalahkan lima nominasi lainnya yaitu Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan, Mudik, Humba Dreams, Hiruk Pikuk Si Al-Kisah dan Susi Susanti: Love All.

Raih Penghargaan FFI 2023, Rachel Vennya Ingat Titik Terendah Dalam Hidupnya

Film yang dirilis pada 17 Oktober 2019 itu juga berhasil membawa Joko Anwar sebagai Sutradara Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia 2020.

Belum cukup, film yang dibintangi oleh Tara Basro ini juga berhasil membuat nama artis senior Christine Hakim meraih piala untuk kategori Pemeran Artis Pendukung Wanita Terbaik 2020. Serta, peraih piala untuk kategori Penata Suara Terbaik untuk Mohammad Ikhsan Anhar Moha.

Sementara, Ical Tanjung pun berhasil meraih kategori untuk Pengarah Sinematografi Terbaik di film Perempuan Tanah Jahanam. Selanjutnya, Dinda Amanda berhasil menorehkan kembali daftar panjang kemenangan film horor itu untuk kategori Penyunting Gambar Terbaik.

"Saya ingin berterima kasih atas penghargaan yang sangat spesial. Ini bentuk penghargaan tulus dan mematah persepsi bahwa sebuah genre tertentu tidak bisa menjadi karya terbaik," ujar produser, Shanty Harmayn.

Ada pun film Perempuan Tanah Jahanam berkisah tentang dua sahabat yang bekerja sebagai petugas tol. Satu malam, mereka menemui kejadian aneh yang membuat malam-malam selanjutnya terasa mengerikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya