Tayang Hari Ini, Film Disney Soul Ajak Penonton Temukan Makna Hidup

Film Soul.
Sumber :
  • Walt Disney Pictures

VIVA – Pernahkah terlintas di benakmu, apa yang membuat kamu adalah kamu? Apa yang membuatmu berbeda dari miliaran manusia lainnya yang ada di Bumi? Kalau Kamu tak tahu jawabannya, menonton film animasi terbaru Disney dan Pixar, Soul, mungkin akan membantumu menemukan makna hidupmu.

Drama Politik Uncle Samsik Akan Tayang 15 Mei di Disney+ Hotstar

Soul disutradarai oleh pemenang Academy Award, Pete Docter bersama Kemp Powers. Docter sendiri selama ini dikenal dengan karya-karyanya yang tak asing lagi, yakni film animasi Inside Out dan Up. Film ini juga menampilkan pengisi suara seperti Jamie Foxx, Tina Fey, Graham Norton, Angela Bassett, Daveed Diggs, Richard Ayoade dan Rachel House.

Soul menceritakan tentang Joe Gardner (disuarakan oleh Jamie Foxx), seorang pemain piano yang andal, tapi tak pernah punya kesempatan unjuk kebolehan di industri ini. Kehidupannya sebagai guru musik paruh waktu di sekolah menengah cenderung membosankan dan jauh dari mimpinya yang ingin menjadi seorang musisi jazz sejati.

Kembali dengan Season Ketiga, The Zone: Survival Mission Siap Sajikan Tantangan Lucu dan Seru!

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Ketika kepala sekolah tempatnya bekerja menawarinya sebagai karyawan tetap, lengkap dengan tunjangan, bukannya senang, Gardner malah terlihat cemas. Menurutnya, menerima tawaran itu sama dengan melepaskan mimpinya.

Moving Masuk Nominasi Best Foreign Language Series di 29th Annual Critics Choice Awards

Suatu hari, ia mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup untuk tampil di klub jazz ternama di New York, setelah lolos audisi band seorang musisi Dorothea Williams (Angela Bassett). Ia pun yakin bahwa kehidupan aslinya akan segera dimulai.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca lebih banyak tentang ulasan film ini.

Sayangnya, sebuah kecelakaan terjadi dan membawanya pergi dari jalanan Kota New York menuju The Great Before, sebuah tempat ajaib di mana jiwa-jiwa baru mendapatkan kepribadian, kebiasaan dan minat sebelum mereka pergi ke Bumi.

Bertekad untuk kembali ke kehidupannya, Joe bekerja sama dengan sebuah jiwa yang unik, 22 (Tina Fey). Tidak seperti jiwa pada umumnya, 22 tidak pernah tertarik untuk turun ke Bumi dan menjadi manusia. Ketika Joe berusaha untuk menunjukkan kepada 22 betapa hebatnya hidup sebagai manusia, Joe justru menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan terpenting dalam kehidupan.

Menampilkan kegembiraan dalam hidup yang tak terduga dan juga menampilkan beragam karakter, Soul menggambarkan sebuah kisah tentang hubungan manusia dan bagaimana seseorang menemukan tempatnya di dunia.

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Jalan ceritanya bergerak cepat untuk sebagian besar cerita. Berbagai komedi slapstick yang sering terlihat di film animasi juga ditunjukkan di film ini. Diproduksi Pixar dan Walt Disney Pictures, computer-generated imagery (CGI) di film Soul pun sudah tak diragukan lagi. Namun, yang paling menonjol di film ini adalah makna yang disampaikan.

Dilansir dari laman Polygon, Kamis, 24 Desember 2020, karakter 22 mewakili banyak orang yang memandang hidup sebagai sebagai sesuatu yang tidak bermakna, di mana mereka menjalani hidup apa adanya. Sementara Joe memiliki tantangan untuk menunjukkan tentang apa kehidupan itu, kepada 22 dan juga kepada dirinya sendiri.

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Menurut sang sutradara, Pete Docter, gagasan kreatif tentang uniknya dunia The Great Before tumbuh selama 23 tahun.

“Hal ini dimulai dengan putra saya, sekarang dia berusia 23 tahun. Tetapi begitu dia lahir, dia sudah memiliki kepribadian. Dari mana datangnya hal tersebut? Saya pikir kepribadian Anda terbentuk melalui interaksi Anda dengan dunia. Namun, satu hal yang cukup jelas adalah kita semua dilahirkan dengan karakter sangat unik dan spesifik tentang siapa diri kita sebenarnya," ujarnya.

“Dalam kisah kami, setiap orang dilahirkan dengan jiwa. Dan jiwa-jiwa tersebut tidak hanya muncul tanpa persiapan, mereka juga terlatih dan diberi kepribadian serta minat," tambahnya.

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Film ini juga memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum dalam hidup, seperti "Apakah fantasi pernah sesuai dengan kenyataan?" dan “Bisakah pilihan yang memberi makna pada hidup kita benar-benar memuaskan kita?”

Soul memiliki pesan besar dan citra yang menyenangkan, tetapi pada akhirnya ini adalah jenis film yang mendorong orang untuk menghargai semua kegembiraan kecil dalam hidup, untuk tidak menerima apa yang ditawarkan hidup begitu saja, dan untuk menyadari pilihan yang mereka buat, dan dampak dari pilihan tersebut.

Soul tayang mulai hari ini, Jumat, 25 Desember 2020 secara eksklusif di Disney+ Hotstar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya