10 Film Perang Terbaik, Aksi Dramatis Konflik Militer

Adegan film The Hurt Locker
Sumber :
  • icdn8.themanual.com

VIVA – Tayangan film perang tak ayal menjadi salah satu sajian favorit bagi para pencinta sinema yang gemar menantikan aksi-aksi laga heroik, yang ditunjang dengan pengambilan gambar memukau dan latar suasana konflik militer nan bergejolak.

8 Film Perang Terbaik, No 4 Menegangkan dan Mencekam

Tak heran, dari deretan film perang, para pencinta sinema dapat memetik berbagai pesan moral dan memberikan sentuhan penggambaran pengalaman hidup berbeda yang disampaikan film tersebut.

Nilai-nilai sejarah, kemanusiaan, ketegaran hidup, daya juang serta cinta kasih kerap jadi hal-hal yang hendak disampaikan film perang di balik ketegangan sebuah konflik bersenjata.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Berikut deretan 10 film perang terbaik sepanjang masa yang dilansir dari laman The Manual:
10. 1917 (2019)

Salah satu karya kreatif dengan sentuhan sinematik dalam daftar ini adalah film 1917, yang mengambil pandangan unik tentang Perang Dunia I. Latar cerita film ini mengisahkan tentang 2 tentara malang yang ditugaskan dengan misi yang tampaknya mustahil.

Ketika intelijen mengungkapkan bahwa serangan yang akan datang di garis depan Jerman akan digagalkan, dan mengakibatkan sebanyak 1.600 kematian. Kedua protagonis itu harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan sekutu mereka, salah satu saudara mereka di antara mereka.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

9. Platoon (1986)

Seorang pria muda (Charlie Sheen) dengan kerinduan akan kejayaan, mendaftar di perang Vietnam tetapi dengan cepat menyadari banyak biaya, ketika kelompoknya mulai saling berpaling tentang bagaimana mereka memperlakukan penduduk setempat.

Seiring perkembangannya, film ini mengungkapkan dirinya lebih sebagai thriller psikologis daripada film perang, mengaburkan garis antara baik dan buruk dengan cara yang menyakitkan.

8. The Thin Red Line (1998)

Film ini mengeksplorasi gaya dan strategi bertarung tertentu yang digunakan oleh infanteri Jepang selama peperangan di pulau mereka, dimana garis antara moralitas dan kemenangan bisa dikompromikan. Prajurit AS yang enggan dengan itu (Jim Caviezel) telah memilih untuk menjadi AWOL sedang menghabiskan waktu dengan penduduk setempat di pulau kecil Pasifik Selatan.

Ia ditangkap dan dipaksa untuk bergabung kembali dengan barisan untuk melawan Tentara Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II. Didukung oleh para pemain yang penuh dengan bintang yang sedang naik daun, film ini mencontohkan emosi yang dirasakan oleh tentara Amerika saat menghadapi lawan yang tidak dikenal.

7. Dunkirk (2017)

“Dunkirk” merinci peristiwa kehidupan nyata dari salah satu peristiwa paling mengerikan dari Perang Dunia II. Sebuah konglomerat tentara dari Belgia, Prancis, dan Inggris melarikan diri dari pertempuran mereka kalah telak dari kekuatan poros, memaksa mereka ke pantai untuk menunggu penyelamatan, sementara tentara Jerman menyerbu barisan tak berdaya mereka.

6. Inglorious Basterds (2009)

Sebuah satire yang difilmkan dengan indah dan sangat lucu dari Perang Dunia II, Quentin Tarantino mengikuti jalannya yang biasa dan dimana dia mengubah sejarah sesuai keinginannya, menyenangkan penonton dengan cara yang tidak bisa dilakukan sejarah.

Ketika satu regu Yahudi-Amerika secara sukarela mendaftar di bawah komando Letnan Aldo Raine (Brad Pitt), mereka mengambil taktik pertempuran yang keras dari prajurit Apache, tidak menunjukkan belas kasihan, dan mengambil kulit kepala sebagai piala perang.

5. Schindler’s List (1993)

Film ini merinci perselisihan dan kehancuran orang-orang Yahudi selama pendudukan Nazi di Polandia. Film ini berfokus pada seorang Industrialis (Liam Neeson) yang pindah ke Krakow untuk mengejar karier yang menjanjikan.

Selanjutnya ia pun mulai menyaksikan pemusnahan orang-orang Yahudi di kota, mendorongnya untuk melindungi karyawannya yang menjadi sasaran pasukan Nazi.

4. The Hurt Locker (2008)

Dari sutradara Kathryn Bigelow “Point Break”, hadirlah pemenang Oscar 6 kali The Hurt Locker, satu-satunya film dalam daftar ini yang mengomentari kerasnya perang Irak. Ketika seorang sersan pengganti ditugaskan ke regu penjinak bom, ketegangan diperkirakan akan meningkat tetapi semakin meningkat dengan metode berisiko namun sangat sukses, yang mengakibatkan penyebaran keraguan di dalam regu.

3. Full Metal Jacket (1987)

Berfokus hampir seluruhnya pada kebrutalan yang dihadapi oleh tentara muda Amerika di camp pelatihan, “Full Metal Jacket” adalah komentar puitis tentang intensitas perang Vietnam dari perspektif seorang prajurit yang masuk akal. Dari pemikiran visioner Stanley Kubrick, film ini mewujudkan spektrum penuh emosi yang dihadapi oleh rata-rata dan rekrutmen yang tidak tersedia dalam Perang Vietnam.

Dengan tema berat ketidakstabilan mental dan kekejaman verbal yang diperlihatkan oleh R Lee Ermey yang luar biasa, film perang yang menyentuh hati ini akan tetap berada di jajaran teratas film perang klasik.

2. Saving Private Ryan (1998)

Film ini memulai cerita di pantai berdarah Normandia, segera memberi tahu penonton untuk apa mereka berada di sana. Ketika Kapten John Miller (Tom Hanks) diberi misi untuk membebas tugaskan Prajurit Ryan (yang tiga saudara laki-lakinya telah terbunuh dalam pertempuran), dia harus membawa tentaranya ke belakang garis musuh dan memberanikan sebagian besar pasukan Jerman.

Berdasarkan kisah nyata, film ini membawa kita pada beberapa alur cerita terpisah, yang membawa kita ke dalam kesusahan yang dialami oleh para pemuda di masa itu.

1. Apocalypse Now (1979)

Dari sutradara dan penulis yang tak terlupakan dan bersejarah, Francis Ford Coppola, muncullah kisah visioner tentang Perang Vietnam, yang diceritakan melalui adegan deskriptif tentang daya pikat alegoris dan citra yang mempesona.

Ketika seorang perwira Vietnam diberi misi yang tidak terduga, dia harus menemukan dan membunuh Kolonel Pasukan Khusus, yang telah meyakinkan dirinya sendiri dan beberapa penduduk setempat bahwa dia adalah dewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya