Youn Yuh Jung Jadi Aktris Korea Pertama Sabet Piala Oscar

Youn Yuh Jung.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Perfilman Korea Selatan nampaknya kian bersinar dengan meraih beberapa nominasi dalam Academy Awards ke-93. Sekali lagi, Korea mencetak sejarah dengan kemenangan aktris Youn Yuh Jung dalam gelaran Piala Oscar 2021 itu.

Cillian Murphy Kembali Perankan Tommy Shelby di Film Peaky Blinders

Aktris 73 tahun itu masuk ke dalam nominasi Best Supporting Actress atau Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Dia pun berhasil mengalahkan nominasi lainnya dan menjadi aktris wanita Korea pertama yang meraih penghargaan bergengsi itu.

Saat pidato penerimaan pialanya, Youn Yuh Jung mengatakan bagaimana dia dahulu hanya menonton Oscar di rumahnya. Dan keberadaannya di Oscar saat ini menjadi pengalaman yang tidak dibayangkannya.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

"Saya berada di sini sendiri saya tidak bisa percaya saya di sini...biarkan saya menyadarkan diri saya. Terima kasih untuk Academy," ujarnya dikutip CNN.

Youn Yuh Jung berhasil masuk ke dalam nominasi kategori pemeran pendukung wanita terbaik berkat perannya dalam film Minari. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga dari Korea Selatan yang pindah ke Arkansas, Amerika Serikat, untuk memulai hidup baru.

Hadir di Piala Oscar 2024, Billie Eilish Kenakan Pin Dukung Genjatan Senjata di Palestina

Kehidupan mereka menjadi lebih menantang dari yang mereka perkirakan dengan adanya sang nenek, yang diperankan Youn Yuh Jung, ikut tinggal bersama mereka.

Film Minari, begitu pula Youn Yuh Jung, menerima banyak pujian sepanjang musim penghargaan. Youn juga menyabet Screen Actors Guild Awards dan BAFTA sebelum kemenangannya di Oscar.

Di akhir pidatonya, Youn mengatakan, "Aku tidak percaya pada kompetisi."

Dia juga mengaku sudah lama mengagumi Glenn Close, yang masuk ke dalam kategori nominasi yang sama dengannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya