Youn Yuh Jung, Artis Korea yang Raih Oscar dari Film Minari

Aktris senior Korea, Youn Yuh Jun
Sumber :
  • NPR

VIVA – Aktris senior Korea, Youn Yuh Jun berhasil mencatatkan sejarah dalam ajang 93rd Oscar 2021. Youn Yuh Jun menjadi aktris Korea pertama yang berhasil menang dalam ajang Oscar. 

10 Aktris Korea dengan Bayaran Tertinggi 2024, Ada Jun Ji Hyun hingga Song Hye Kyo

Youn Yuh Jung berhasil memenangkan katagori Aktris Pendukung Terbaik dalam film Minari. Dengan demikian Youn Yuh Jung menjadi orang kedua di Asia yang berhasil memenangkan Aktris Pendukung Terbaik.  Selengkapnya ada di sini.

Dilansir dari laman NPR, orang Asia pertama, yang memenangkan katagori Aktris pendukung terbaik dimenangkan oleh aktris dan penyanyi Jepang-Amerika Miyoshi Umeki, dalam film Sayonara pada 1958.

Aktris Lee Si Young Pingsan saat Mendaki di Pegunungan Himalaya

Rinko Kikuchi dinominasikan untuk Babel pada 2007, tetapi kalah dari Jennifer Hudson dalam film. Dreamgirls. Sebelumnya dalam wawancara edisi The Morning awal April ini, Youn sempat bercerita tentang perannya dalam film tersebut.

"Saya merasa seperti seorang Olympian yang hanya bersaing untuk negara saya," kata Youn dikutip dari laman NPR.  

Aktris Korea Lee Su Na Alami Koma Selama 7 Tahun Terakhir

Youn Yuh-jung mengatakan pada Morning Edition bahwa penampilannya di Minari memberikan penghormatan spiritual kepada nenek buyutnya sendiri, yang selamat dari kondisi kelaparan setelah Perang Korea.  

"Saya sangat memahami naskah ini. Itu menghubungkan saya. Naskah itu sangat otentik dan sangat nyata bagi saya dan kisah yang sangat asli bagi saya. Sangat menyentuh," kata dia. 

Dalam film terkenal Minari, dia berperan sebagai Soon-ja, nenek yang baru saja tiba dari seorang anak laki-laki Amerika keturunan Korea yang meremehkan kerabat tuanya ketika dia tiba di pedesaan Arkansas, di mana keluarganya baru-baru ini pindah.

Namun hubungan antara keduanya berkembang menjadi sesuatu yang sangat indah, kata penulis senior Vulture E. Alex Jung, yang baru-baru ini membahas film tersebut di podcast Pop Culture Happy Hour.  

"Dialah yang benar-benar melihatnya, menurutku. Dia adalah orang yang benar-benar menjaga lingkungan dengan sangat baik, menurut saya. Dia menjelajahinya. Dia senang dengan hal itu, dan kemudian dia menemukan tempat untuk menumbuhkan sesuatu, yaitu tanaman ini, Minari, itulah filmnya," tutur dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya