Profil Frances McDormand, Aktris Terbaik Piala Oscar 2021

Best Actrees Piala Oscar 2021, Frances McDormand
Sumber :
  • IG Frances McDormand

VIVA – Aktris Frances McDormand dinobatkan sabagai peraih penghargaan 'best actrees' ajang Academy Award edisi ke-93 yang berlangsung Minggu 25 April 2021. Wanita 63 tahun tersebut sukses merengkuh gelar tersebut setelah tampil memukau dalam film 'Nomadland' (2020).

Momen Lucu Youn Yuh Jung Goda Brad Pitt di Panggung Piala Oscar

Karier berakting profesional pertama Frances McDormand dilakoni untuk drama teater garapan Derek Walcott dengan judul 'In a Fine Castle'.

Kemudian pada 1984, ia memulai kariernya di dunia film dengan film berjudul 'Blood Simple', yang merupakan film komersial pertama oleh Coen bersaudara.

10 Artis dengan Busana Terbaik di Ajang Oscar 2021

Film yang berlatar belakang di Texas itu bercerita tentang seorang pemilik bar yang licik dan kemudian menyewa seorang detektif swasta untuk membunuh istri dan kekasihnya.

Pada tahun 1990, ia bermain sebagai Inggrid Jesner dalam film dengan judul Hidden Agenda yang di sutradari oleh Ken Loach. Film ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai film pilihan oleh juri pada Festival Film Cannes.

Selamat! Nomadland Borong Banyak Piala di Ajang Oscar 2021

Pada tahun yang sama ia bermain bersama dengan Liam Nesson dalam Darkman yang disutradarai oleh Sam Raini. Kemudian ia juga membintangi film dengan judul Short Cuts (1993) yang disutradari oleh Robert Altman. Film ini terinspirasi dari sembilan cerita pendek oleh Raymond Carver.

McDormand juga diketahui bermain dalam film 'Paradise Road', yang menceritakan kisah sekelompok wanita asal Inggris, Amerika, Belanda dan Australia yang dipenjara oleh Jepang di Sumatra selama Perang Dunia II.

Dalam Film yang disutradarai oleh Bruce Beresford ini juga dibintangi oleh Glenn Close, Pauline Collins, Jennifer Ehle dan Elizabeth Sprigg. Setelah itu pada 1998, ia terlibat dalam produksi teater karya Tennessee Williams dengan judul A Streetcar Named Desire pada 1998.

Dan pada 2020 silam, McDormand berakting sebagai karakter 'Fern' dalam film 'Nomadland'. Di film garapan sutradara Chloe Zhao tersebut, McDormand juga berperan sebagai produser.

Tak disangka, berkat akting perannya yang memukau di film 'Nomadland', McDormand akhirnya berhasil merengkuh gelar best actrees Academy Award 2021 setelah menyingkirkan nama-nama top lainnya seperti Viola Davis, Andra Day, Vanessa Kirby dan Carey Muligan.

Ini merupakan gelar 'best actrees' dari ajang Oscars keduanya di ajang tersebut, setelah pernah juga merengkuhnya pada tahun 1997 dalam film 'Fargo', yang berperan sebagai Marge Gunderson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya