Ini Penjelasan Lengkap Ending Serial Loki Episode 6

Loki.
Sumber :
  • Marvel Studios

VIVA – Serial Marvel Studios, Loki akhirnya selesai dengan tayangnya episode 6 pada Rabu kemarin, 14 Juli 2021. Di episode enam sekaligus terakhir, akhirnya terungkap supervillain yang bakal menjadi musuh baru para superhero Marvel di film dan serial mendatang.

Review Serial Loki Season 2, Terancamnya Dunia Karena Gangguan Time Loom

Lewat post-credit scene, diketahui pula bahwa Marvel akan melanjutkan serial Loki ke musim kedua. Meski begitu, belum diketahui detail lain tentang Loki Season 2.

Akhir episode 6 tak hanya menjadi penutup kisah musim pertama Loki, namun juga benar-benar mengubah "permainan" yang menentukan masa depan film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU).

Sinopsis Loki Season 2, Saat Sang Dewa Penipu Harus Jadi Pahlawan Untuk Selamatkan Dunia

Photo :
  • Marvel Studios

PERINGATAN: Konten di bawah ini mengandung spoiler Loki episode 6. Jangan lanjutkan jika Kamu belum menonton episode terakhir Loki.

Tayang 6 Oktober 2023, Ini 3 Fakta Menarik Loki Season 2

Sinopsis Loki Episode 6

Di episode terakhir, Loki (Tom Hiddleston) dan Sylvie (Sophia Di Martino) akhirnya sampai ke ujung timeline dan akhirnya bertemu dengan orang di balik Time Variance Authority (TVA) selama ini.

Ternyata, orang tersebut adalah Kang the Conqueror, atau lebih tepatnya, varian dari Kang, yang disebut He Who Remains.

Diperankan oleh bintang Lovecraft Country dan Da 5 Bloods, Jonathan Majors, He Who Remains memberi tahu Loki dan Sylvie bahwa dia memang telah menantikan kedatangan mereka.

Tak hanya itu, ia bahkan sudah tahu semua hal yang akan terjadi sampai di satu titik.

Ia bercerita, sebelum TVA diciptakan, varian dari dirinya tinggal di Bumi pada abad ke-31. Kemudian varian itu menemukan keberadaan berbagai universe atau semesta alternatif yang disebut multiverse.

Di waktu yang sama, varian Kang lainnya juga menemukan keberadaan multiverse dan mulai berinteraksi satu sama lain.

"Secara alami, mereka berkontak dan berinteraksi dan untuk sementara semuanya damai," kata He Who Remains, dikutip dari laman Collider, Kamis, 15 Juli 2021.

Varian-varian ini saling berbagi teknologi dan pengetahuan untuk mengubah masing-masing universe menjadi lebih baik.

"Sayangnya, tidak semua versi diriku punya hati yang baik," ungkapnya.

"Bagi beberapa dari kami, dunia-dunia baru berarti satu hal, tempat baru untuk ditaklukan," tambahnya.

Hal itu lah yang membuat kedamaian antar universe runtuh dihancurkan oleh sejumlah varian Kang.

Nah, salah satu varian Kang menemukan monster yang tercipra dari seluruh air mata di dunia nyata, Alioth. Ini adalah monster yang dilawan oleh Loki dan Sylvie di episode 5.

He Who Remains pun mulai bereksperimen dengan kekuatan Alioth dan mengubah menjadi sebuah senjata. Ia akhirnya berhasil mengakhiri perang multiversal.

Dia pun menawarkan Loki dan Sylvie pilihan. Mereka dapat membunuhnya dan membiarkan timeline bercabang, yang bisa mengakibatkan ribuan varian dirinya bersaing untuk mendapatkan kekuasaan dan mengambil tempatnya, mendatangkan malapetaka pada timeline dalam prosesnya.

Atau mereka dapat mengambil alih posisinya, menjalankan TVA sesuai keinginan mereka dan terus memangkas varian, agar tidak membuka kemungkinan adanya multiverse.

Loki dan Sylvie berselisih dalam hal ini. Loki percaya pada Kang dan mungkin agak menginginkan kekuatan dan hidup di dunia yang bisa dia jalankan bersama Sylvie.

Tapi bagi Sylvie, ini adalah tentang membalaskan dendam pribadi terhadap orang yang telah merampas hidupnya.

Photo :
  • Marvel Studios

Loki dan Sylvie akhirnya bertarung, tetapi Sylvie menang dan mengirim Loki kembali ke TVA menggunakan perangkat mirip Tempad milik Kang.

Sylvie kemudian membunuh Kang. Namun,  saat sekarat, dia berkata, "Sampai jumpa," mengisyaratkan varian yang akan datang.

Kembali ke TVA tempat Loki dikirim, semuanya berantakan. Para agen sedang bersiap untuk perang dan semua orang membiarkan Loki berlari melewati mereka. Loki akhirnya menemukan Mobius (Owen WIlson) dan Hunter B-15 (Wunmi Mosaku) dan memberi tahu mereka bahwa dia dan Sylvie mengacaukan segalanya.

Timeline pun melahirkan begitu banyak cabang dan "versi berbeda yang tak terhitung jumlahnya dari orang yang sangat berbahaya" akan datang "dan mereka semua siap berperang." Begitu kata Loki kepada Mobius.

Tapi Mobius memberi tahu Loki untuk tenang. "Tenang saja. Anda seorang analis kan? Anda dari divisi mana?” katanya kepada Loki.

Kamera kemudian bergeser untuk menunjukkan bahwa di dekat lift, di mana sebelumnya ada patung tiga Timekeepers, kini hanya ada satu patung, dan itu adalah patung Kang.

Ya, tempad yang digunakan Sylvie untuk mengirim Loki kembali ke TVA ternyata tidak mengirimnya kembali ke realitasnya, melainkan mengirimnya ke salah salah satu semesta alternatif, di mana Kang secara terbuka mengontrol TVA dan Mobius serta Loki tidak saling mengenal.

Penjelasan ending Loki

Jadi apa arti ending tersebut?

Pertama, multiverse terbuka lebar. Seperti judulnya, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness mendatang akan menemukan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) berurusan dengan multiverse bersama dengan Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen), yang telah berevolusi sepenuhnya menjadi Scarlet Witch.

Dan Spider-Man: No Way Home yang bakal tayang Desember 2021 pun dikabarkan akan menyertakan karakter Spider-Men lain dari waralaba film yang berbeda, dengan menampilkan multiverse.

Episode terakhir Loki menunjukkan tindakan Loki dan Sylvie menjadi penyebab timeline bercabang, dan mengapa Loki sekarang menemukan dirinya di semesta berbeda yang dijalankan oleh Kang yang berbeda (dan kemungkinan masih hidup).

Photo :
  • Disney+ Hotstar

Nah, yang perlu Kamu ketahui, pemeran varian Kang, He Who Remains, yakni Jonathan Majors sudah dipastikan lebih dulu bakal membintangi Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Film itu akan mulai syuting tahun ini dan kemungkinan besar, bakal memperkenalkan karakter Kang.

Meski begitu, pertanyaannya, varian Kang mana yang ada di Ant-Man 3? Apakah Kang dari timeline baru Loki, atau varian lain?

Seperti yang kita tahu, He Who Remains telah memperingatkan Loki dan Sylvie bahwa ada ribuan varian dirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya