10 Rekomendasi Film Indonesia Romantis Terbaik, Bikin Baper

Film Dilan 1990
Sumber :
  • Instagram Falcon

VIVA – Film Indonesia romantis adalah salah satu genre yang banyak digandrungi. Film dengan genre ini banyak digemari oleh kalangan remaja sampai orang dewasa. Tak heran jika banyak sineas lokal yang menghadirkan berbagai film dengan tema cinta sepanjang tahun.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

Kisah yang diangkat dalam film Indonesia romantis juga sangat beragam. Mulai dari cerita anak remaja, sampai kehidupan pernikahan.

Tapi, seiring dengan merebaknya pandemik covid-19 banyak bioskop di Indonesia yang harus tutup sementara. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena telah banyak platform online yang akan memudahkan kamu menonton dari rumah. Nah kalau kamu masih bingung tentang film Indonesia romantis terbaik, simak ulasan berikut ini!

Atalia Praratya Istri Ridwan Kamil Main Film di Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995

Rekomendasi Film Indonesia Romantis Terbaik

Dilan 1990

Terungkap, Arbani Yasiz Ternyata Pernah Ikut Casting Film Dilan 1990

Dilan 1990.

Photo :
  • instagram.com/falconpictures_

Film ini dibintangi oleh aktor muda tanah air, Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea). Film Dilan 1990 tersebut mampu membuat penonton baper karena tingkah laku Dilan. Film ini menceritakan kisah seorang siswa SMA bernama Dilan yang sekaligus menjabat sebagai ketua geng motor di Kota Bandung, sedangkan Milea merupakan siswi baru pindahan dari Kota Jakarta.

Dilan ternyata tertarik dengan Milea sejak mereka pertama kali bertemu. Dia berusaha untuk mendekati Milea dengan cara menyampaikan puisi-puisi romantis. Milea akhirnya bisa diluluhkan oleh Dilan dengan cara tersebut. Walaupun hubungan mereka semakin mesra, tapi ada saja cobaan dalam hubungannya.

Film Dear Nathan Hello Salma

Photo :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

Film ini menceritakan kisah seorang murid bernama Nathan yang diperankan oleh Jefri Nichol, ia beradu akting dengan Salma yang diperankan oleh Amanda Rawless. Salma merupakan murid baru yang memiliki karakter pintar, sopan, dan rapi. Hal ini sangat berkebalikan dengan Nathan yang tidak memiliki prestasi dan bahkan sering bikin onar.

Perkenalan mereka diawali pada saat Salma datang terlambat dan Nathan membantunya untuk memanjat pagar sekolah. Kedekatan mereka mulai terjalin dan Salma berhasil mengubah Nathan menjadi anak lebih baik serta berprestasi.

Imperfect kini hadir dalam format serial

Photo :
  • Instagram @film_imperfect

Film Imperfect digarap oleh Ernest Prakasa dengan dibintangi oleh Reza Rahadian, Jessica Mila, dan Boy William. Film dengan genre romantis ini bukan hanya sekadar film cinta pada umumnya. Lebih dari itu Imperfect menghadirkan film romantis dengan cerita yang berkaitan dengan persoalan sosial yang sering ditemui yaitu perundungan terhadap bentuk tubuh seseorang atau body shaming, kecantikan, sampai hubungan karier dan hidup seorang perempuan.

Dua Garis Biru

Film Dua Garis Biru

Photo :
  • Starvision

Film Dua Garis Biru bukan hanya film cinta-cintaan biasanya, karena film ini sarat akan pesan sosial. Dua Garis Biru menceritakan kisah hubungan asmara Sebagian remaja di kota-kota di Indonesia. Puncak permasalahan dari film ini adalah ketika Dara (Zara JKT 48) hamil dan terancam tidak bisa melanjutkan sekolahnya. Sedangkan Bima (Angga Yunanda) masih terbilang muda untuk menjadi seorang ayah.

Bukan hanya alur ceritanya yang menarik, dialog dari film ini pun cukup berisi dan bisa membuka wawasan kita mengenai peristiwa sosial yang sering terjadi, yaitu pernikahan dini. Selain itu, dari sisi akting dan pengambilan gambar, film ini tidak akan mengecewakan penonton.

Twivortiare

Reza Rahadian bintangi Film Twivortiare

Photo :
  • Instagram

Beno (Reza Rahadian) merupakan seorang dokter bedah yang sedang naik daun. Kemudian Alexandra Rhea (Raihaanun) sangat bahagia karena akan dinikahkan dengan Beno. Hari-hari pertama setelah kehidupannya bersama Beno, Alex merasa sangat bahagia.

Namun, ketika waktu telah semakin berjalan, Alex merasa bahwa kehidupan pernikahannya semakin monoton. Beno kerap memprioritaskan pasiennya dibandingkan dengan Alex. Pada akhirnya mereka bercerai karena Alex merasa tidak dibutuhkan lagi oleh Beno. Sampai suatu ketika Beno merasa kesepian dan membutuhkan sosok Alex dalam kehidupannya.

Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah 2.

Photo :
  • IMDb

Film Teman Tapi Menikah adalah sebuah film drama percintaan yang romantis dan ringan untuk ditonton karena konflik yang disajikan cukup ringan. Film ini menceritakan kisah Ayu dan Ditto yang telah menjadi teman selama 12 tahun lamanya. Selama mereka berteman, Ditto diam diam menyukai Ayu. Sampai pada suatu hari, Ayu mengatakan bahwa dirinya akan segera menikah.

Galih dan Ratna

Film Galih dan Ratna.

Photo :
  • U-Report

Film ini adalah salah satu film yang diadaptasi dari novel karya Eddy D. Iskandar. Cerita film ini dimulai dari Ratna (Sheryl Sheinafia) gadis yang memiliki bakat dan berasal dari Jakarta. Ratna memaksakan dirinya untuk tinggal bersama dengan tantenya, Tantri (Marissa Anita) di Kota Bogor. Karena ayahnya yang fokus pada tugas dinas di luar negeri.

Tidak hanya itu, Ratna harus siap menjajaki babak baru di sekolah barunya. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang mempertemukan Ratna dengan Galih, pria asli Bogor yang hidup dengan bayang-bayang ayahnya dan ibundanya yang mengutamakan pendidikan.

Critical Eleven

Film Critical Eleven, Sarat Makna dan Bintang

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Filn ini diawali dari pertemuan Anya (Adinia Wirasti) dengan Ale (Reza Rahadian) dalam sebuah perjalanan pesawat menuju Sydney, Australia. Pertemuan tersebut berlanjut sampai akhirnya mereka menikah.

Karena begitu cinta kepada Ale, Anya rela meninggalkan kehidupannya yang nyaris sempurna di Jakarta. Karier yang sangat cemerlang dan sahabat-sahabatnya rela ditinggalkan demi menuruti permintaan Ale untuk pindah ke New York, Amerika Serikat. Kota New York menjadi saksi bisu keromantisan Ale dan Anya.

Habibie dan Ainun

Cast film Habibie dan Ainun 3.

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Habibie dan Ainun adalah salah satu film Indonesia romantis yang diangkat dari salah satu novel berjudul Ainun karya B.J Habibie. Sesuai dengan judulnya, novel ini menceritakan kisah asmara antara B.J Habibie dan istrinya Hasri Ainun Habibie. Mulai dari pertemuan pertama sampai terakhir kali bertemu karena Ainun didiagnosa mengidap penyakit kanker.

Selain itu, film ini berhasil masuk ke dalam jajaran box offixe Indonesia dan mampu meraih jutaan penonton. Kemudian film ini juga dibuat dengan tiga sekuel, yaitu Habibie & Ainun, Habibie & Ainun 2 (Rudy Habibie), dan Habibie & Ainun 3.

Ayat Ayat Cinta

Ayat-ayat Cinta.

Photo :
  • U-Report

Film yang sempat menjadi kontroversi karena mengangkat isu poligami ini sukses meraih banyak penonton sejak masa penayangannya. Film ini termasuk ke dalam film romantis Indonesia terbaik karena menceritakan kisah Fahri bin Abdillah yang begitu pintar sehingga bisa melanjutkan beasiswa ke Mesir untuk melanjutkan studi Magister di Universitas Al-Azhar, Kairo.

Pada awalnya ia belum memiliki hubungan dengan siapapun, dan dirinya berencana menikah apabila tesisnya sudah diterima. Karena kepintarannya tersebut, Fahri banyak memiliki pengagum di Mesir. Yaitu Maria Girgis yang beragama Kristen, kemudian mahasiswa Indonesia Nurul Putri, dan Noura.

Namun, Fahri justru berlabuh pada seorang perempuan bernama Aisha yang bercadar dan ditemui olehnya di Metro. Sebelum menikahinya, Fahri berusaha untuk memuaskan keinginannya di dalam hati untuk mengikuti agamanya. Kisah cinta Fahri dan Aisha dilanjutkan dalam film Ayat Ayat Cinta 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya