Fakta-fakta Film Selesai Garapan Tompi Tuai Kritik Netizen

Film Selesai.
Sumber :
  • Twitter @dr_tompi

VIVA – Hingga siang ini, Jum’at 20 Agustu 2021, nama Tompi dan kata ‘Selesai’ menjadi trending topik di twitter setelah ramai diperbincangkan terkait karya filmnya berjudul ‘Selesai’. Berikut deretan fakta film ‘Selesai’.

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

Fakta-fakta Film Selesai Garapan Tompi Tuai Kritik Netizen

Film ‘Selesai’ tuai kritik setelah Tompi melakukan diskusi film ‘Selesai’ pada Kamis (19/8) malam. Pernyataan-pernyataan sang dokter terkait produksi film menuai kontroversi. Salah satu yang menjadi perbincangan netizen terkait pernyataan Tompi yang dianggap menyudutkan perempuan. 

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat
  1. Sinopsis Film ‘Selesai’

Film ini mengisahkan tentang perselingkuhan rumah tangga Ayu (Ariel Tatum) dan Broto (Gading Marten). Ceritanya bermula saat rumah tangga Broto (Gading Marten) dan Ayu (Ariel Tatum) tengah dilanda kejenuhan. 

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Kerap kali Ayu memergoki Broto selingkuh dengan Anya (Anya Geraldine) yang membuat dirinya merasa lelah hingga ingin bercerai. Ayu bertahan dalam rumah tangganya karena ia sangat menyayangi ibu mertuanya.

Di saat Ayu ingin meninggalkan Broto, ibu mertua datang ke rumah mereka. Apalagi cerita tersebut menggambarkan suasana pandemic dimana Ayu harus mengurungkan niatnya untuk berpisah dan tertahan di dalam rumah. 

Di tengah keadaan yang tak menentu itu, Ayu berusaha menyampaikan kondisi rumah tangga yang sebenarnya kepada ibu mertua. Ayu juga berupaya menjaga perasaan ibu mertuanya. Namun siapa sangka, di antara peliknya rumah tangga mereka dengan Broto yang selalu terpojokkan karena kerap selingkuh, Broto malah menemukan fakta baru tentang istrinya yang belum pernah terungkap.

  1. Film kedua Tompi

‘Selesai’ merupakan film kedua karya dari Tompi setelah Pretty Boys di tahun 2019. Kali ini, Tompi mengambil tema tentang kekeluargaan dan perselingkuhan. 

Film berdurasi 82 menit ini telah dirilis pada Jumat, 13 Agustus 2021 lalu. Disajikan dengan dengan karya sinematik yang artistik menjadi ciri khas film yang dibuat oleh musisi sekaligus dokter ini. 

Tompi menggandeng Imam Darto sebagai penulis naskah. Film ini diperankan oleh actor-aktor ternama, diantaranya Gading Marten, Anya Geraldine, Marini Soerjoseomarno, Farsish Nardi, hingga Tika Panggabean.

  1. Rencana awal jadi serial

Rencana awal dari penggarapan film Selesai sebagai serial dengan lima episode. Namun karena beberapa set syuting yang tidak bisa dipakai akhirnya dipangkas menjadi 3 episode.

Imam Darto sebagai penulis naskah langsung memadatkan cerita ‘Selesai’ dari lima menjadi tiga episode. Mereka pun melanjutkan syuting episode kedua dan ketiga hingga setelah itu Tompi merasa ‘Selesai’ bisa dijadikan satu film panjang.

  1. Tayang lewat platform streaming

Seperti kebanyakan film di masa pandemi Covid-19, Selesai juga dirilis lewat platform streaming online pada 13 Agustus 2021 lalu.

  1. Film ‘Selesai’ Garapan Tompi tuai kritik

Tompi kini menghadapi kritik soal film garapannya, Selesai setelah diskusi yang digelar kemarin. Nama tompi dan selesai menjadi trending topik di twitter. Dalam filmnya, Ia dianggap menyudutkan perempuan. Hal ini berawal dari pernyataan terkait proses produksi film tersebut.

Ia awalnya memberikan tanggapan seputar pertanyaan warganet mengenai film Selesai. Namun, pernyataan inilah yang justru menjadi bumerang untuk sang sutradara.

  1. Pemeran film tak dibayar diawal

Aktor yang terlibat dalam film ini tidak mendapat bayaran di depan. Termasuk Tompi sebagai sutradara, Darto sebagai penulis dan Wiwi sebagai DOP.

Para pemeran mendapat bayaran berdasarkan persentase dari pendapatan penayangan secara online. Sedangkan untuk kru produksi dan tim pendukung, Tompi menggunakan uang pribadinya.

Sang sutradara dan penulis naskah (Tompi dan Darto) mengaku patungan 50 banding 50 untuk membayar operasional. Mereka juga mendapatkan satu teman yang mau menjadi investor dalam garapan film tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya