10 Hal Menarik Tentang Severus Snape yang Jarang Diketahui

Alan Rickman sebagai Profesor Severus Snape di film Harry Potter
Sumber :
  • Dok. Harry Potter Wikia

VIVA – Severus Snape merupakan salah satu karakter yang paling menarik dalam Harry Potter. Ia adalah seorang guru yang mengajarkan pelajaran tentang ramuan dan pertahanan dari ilmu hitam serta termasuk ke dalam karakter yang paling dibenci sejak awal sampai akhir seri Harry Potter.

Kenali Kebiasaan Dobby Syndrome, Heboh karena Zee JKT48 Dibilang Mirip Karakter di Film Harry Potter

Kemudian Snape terungkap sebagai mata-mata di kubu Voldemort dalam seri Deathly Hallows Part 2 tahun 2012. Sebetulnya Snape adalah orang suruhan Dumbledore yang menyamar. Namun, setelah diintip oleh memori Harry, ia telah melakukan pengorbanan besar untuk menyelamatkan Harry dari berbagai ancaman Pelahap Maut suruhan dari Voldemort.

Selain itu, terdapat beberapa fakta-fakta menarik lainnya dari Snape yang mungkin saja belum diketahui. Apa saja faktanya? Langsung saja simak ulasan berikut ini, ya!

Kisah Pemeran Pengganti Harry Potter yang Lumpuh saat Syuting Akan Diangkat Jadi Dokumenter

Lalu, Apa Fakta Menarik yang Dimiliki oleh Severus Snape?

Melindungi Harry dari Profesor Quirrell

The UK University Offers Degree in Magic Like Harry Potter

Jim Tavare, bintang Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Photo :
  • Warner Bros.

Pada film perdananya, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone tahun 2001, Severus Snpae dan Profesor Quirinus Quirell pada adegan pertandingan Quidditch pertama Harry, dilukiskan bahwa mereka saling adu mantra yang membuat Harry menjadi kebingungan di pertandingannya.

Pada awalnya Hermione Granger dan Ron Weasley memperkirakan bahwa Snape yang sudah mencelakakan Harry. Tapi, hal ini terungkap pada babak ketiga filmnya, jika Snape-lah yang justru menangkan mantra dari Quirrell.

Telah Menciptakan Mantra Sejak Menjadi Murid di Hogwarts

Harry Potter.

Photo :
  • Freewallpaper

Severus Snape adalah sosok yang begitu menggilai ilmu hitam. Ketika menjadi murid di Hogwarts, Snape telah menciptakan berbagai mantra kutukan, salah satunya adalah Sectumsempra. Mantra ini merupakan mantra yang dilarang oleh Kementrian Sihir karena dapat mengakibatkan luka fatal.

Pada saat digunakan, mantra Sectumsempra dapat mengeluarkan pedang gaib dan bisa melukai lawan dari jarak jauh. Efeknya bisa sangat mematikan bila tebasan dari mantra ini menyebabkan luka dalam. Lawan akan mati jika tidak segera ditolong karena kehabisan darah.

Mengajarkan Harry Mantra Occlumency

Harry Potter.

Photo :
  • Freewallpaper

Dumbledore menunjuk Severus Snape menjadi guru pelajaran ramuan di usianya yang baru menginjak 21 tahun, tepatnya setelah Snape tidak lagi menjadi komplotan Pelahap Maut. Pada tahun yang sama, Half-Blood Prince diangkat menjadi kepala asrama Slytherin sesudah Horace Slughorn memutuskan untuk pensiun.

Setelah 16 tahun, Severus Snpae kemudian naik jabatan menjadi orang nomor satu di Hogwarts sesudah kematian Dumbledore. Di usianya yang ke 37 tahun, Snape menjadi kepala sekolah Hogwarts termuda sepanjang sejarah.

Mengarahkan Harry ke Pedang Gryffindor

Film Harry Potter.

Photo :
  • warnerbros.co.uk

Pada film Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 tahun 2010, Harry sedang kebingungan untuk mendapatkan pedang Godric Gryffindor yang dapat dipakai untuk meluluhkan salah satu Horcrux-nya. Ketika Harry sedang berada di Forest of Dean melihat kilatan Patronus rusa betina yang mengarahkannya untuk ke danau beku yang berada dekat dengannya.

Terungkap bahwa pedang yang selama ini ia cari berada di dasar danau tersebut. Hal ini terungkap di film Deathly Hallows Part 2 jika Patronus tersebut berasal dari sosok yang dibenci oleh Harry yaitu Snape.

Alan Rickman Dipilih Langsung oleh Sang Kreator

Alan Rickman sebagai Profesor Severus Snape di film Harry Potter

Photo :
  • Dok. Harry Potter Wikia

Mendiang Alan Rickman memberikan penampilan yang sangat memukau ketika memerankan karakter Severus Snape. Aura misterius dan sikap dinginnya terhadap Harry hingga kejutan yang diberikan pada akhir cerita, semua ini menjadikan Severus Snape menjadi salah satu sosok yang begitu penting dalam film Harry Potter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya