Logo ABC

Terjemahan Bahasa Squid Game di Netflix Memicu Kontroversi

Squid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain. (Reuters: Kim Hong-Ji)
Squid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain. (Reuters: Kim Hong-Ji)
Sumber :
  • abc

Terjemahan Netflix dari serial populer Squid Game dari bahasa Korea ke bahasa Inggris telah memicu kontroversi di internet.

Beberapa orang Korea berpendapat pesan penting hilang dalam versi yang sudah dialihsuarakan atau dibuat subjudul atau teks ke bahasa Inggrisnya.

Squid Game adalah serial mengenai sekelompok orang yang masuk dalam permainan untuk bisa bertahan hidup di sebuah pulau tepencil, yang pemenangnya akan mendapat hadiah uang tunai dengan jumlah sangat besar.

Serial thriller ini dirilis di Netflix bulan lalu dan menjadi acara paling populer di lebih dari 90 negara, dan kemungkinan akan menjadi program 'streaming' yang paling banyak ditonton.

Tetapi beberapa orang mengatakan penonton yang tidak berbahasa Korea kehilangan makna dalam dialog aslinya, juga aspek yang mengembangkan karakter.

Komedian yang berbasis di New York, Youngmi Mayer, termasuk di antara mereka yang mengkritik terjemahan Netflix lewat akun Twitter-nya.

"Jika kamu tidak mengerti bahasa Korea, kamu tidak benar-benar menonton acara yang sama," tulisnya.

"Terjemahannya sangat buruk. Dialognya ditulis dengan sangat baik dalam bahasa Korea dan tidak ada satu pun yang dijaga [dalam bahasa lain]," ujarnya.