25 Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologis Waktu, dari 2011- 2021

Captain America (Chris Evans) dan Iron Man (Robert Downey Jr.)
Sumber :
  • Marvel Studio

VIVA – Urutan film Marvel harus diketahui oleh kamu yang menyukainya. Selain itu, kamu juga pasti sudah tidak asing lagi dengan nama superhero yang terdapat di dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Sekuel Marvel ini sukses membius para penonton dengan ceritanya yang sangat seru, aksi keren, dan karakter yang ikonik.

Tak Main-main, Ini Senjata Mematikan yang Akan Digunakan Iran Untuk Serang Israel

Dari banyaknya film Marvel ini kamu mungkin akan kebingungan mengenai timeline atau waktu terjadinya sejak dirilis pada tahun 2008. Sebab, setiap filmnya mempunyai keterkaitan satu sama lain. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai urutan film Marvel yang wajib ditonton yang disadur dari pocket-lint.com.

Lalu, Bagaimana Urutan Film Marvel yang Dilihat dari Kronologi Waktu MCU?

INFOGRAFIK: Alutsista Asli Buatan Indonesia Ini Laris Manis Dipesan Negara Lain

Captain America: The First Avenger (2011)

Captain America adalah film Marvel Studios kelima, dengan Iron Man, Hulk, dan Thor semuanya memiliki film sebelum Cap. Tapi ini adalah film pertama dalam daftar ini karena peristiwanya terjadi lebih dulu atau selama Perang Dunia II.

Monster Udara Rusia Bangkit! Jet Tempur Baru Berbasis MiG-23 dan MiG-27 Siap Menggebrak Dunia

Kita melihat penciptaan prajurit super yang diperankan oleh Chris Evans, serta pertempuran pertamanya dengan Hydra dan pemimpinnya Red Skull. Film ini juga memperkenalkan Tesseract, yang kemudian ditemukan adalah Batu Infinity pertama, salah satu permata kuat yang mengendalikan kenyataan.

Captain Marvel (2019)

Film kedua ini diputar di bioskop pada tahun 2019. Di Captain Marvel, yang berlatar tahun 1995, kita melihat pahlawan tituler Carol Danvers, yang diperankan oleh Brie Larson, jatuh ke Bumi dan mulai berburu alien Skrull yang berubah bentuk. Ada banyak aksi di sini karena ada nostalgia, terutama jika kamu adalah anak 90-an, berkat adegan dengan toko Blockbuster dan bahkan internet dial-up.

Iron Man (2008)

Menurut timeline resmi Marvel, Iron Man terjadi pada tahun 2010. Ini semua tentang jenius/penemu/dermawan/playboy Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Dia ditangkap oleh organisasi teroris, yang pemimpinnya menginginkan sistem senjata terbaru. Namun, Stark merancang sesuatu yang lebih kuat untuk membantu dirinya melarikan diri.

Iron Man 2 (2010)

Iron Man kedua melanjutkan yang pertama, Tony Stark bergulat dengan identitas Iron Man-nya yang terungkap. Pemerintah menginginkan teknologi di balik jasnya, dan ketika Stark menolak untuk menyerahkannya, produsen senjata lain menunjukkan bahwa dia bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Film ini juga memperkenalkan sesama Avengers the Black Widow dan War Machine.

The Incredible Hulk (2008)

The Incredible Hulk mengikuti Bruce Banner dalam pelarian dari Jenderal Thunderbolt Ross dan Militer AS. Menyadari bahwa dia tidak akan pernah bisa berharap untuk mengendalikan atau menahan Hulk.

Ross kemudian memutuskan untuk membuat Hulk versinya sendiri menggunakan prajurit lain, tetapi dia dengan cepat kehilangan kendali. The Incredible Hulk dibintangi Edward Norton, tetapi Mark Ruffalo menggantikannya pada tahun 2012 dan sejak itu menjadi Hulk.

Thor (2011)

Dewa petir telah dibuang ke Bumi dari Asgard oleh ayahnya Odin, semua berkat tipu daya Loki. Untuk mendapatkan kembali kekuatannya dan mengendalikan palunya, Thor, yang diperankan oleh Chris Hemsworth, harus membuktikan bahwa dia layak.

Untungnya, dia bertemu dengan seorang ilmuwan Bumi yang baik, diperankan oleh Natalie Portman, yang dapat membantunya mengatur segalanya dengan benar sebelum Loki mengambil kendali penuh atas Asgard.

The Avengers (2012)

The Avengers adalah puncak dari apa yang disebut "Fase Satu" dari MCU. Dengan semua pahlawan utama diperkenalkan, tantangan sebenarnya adalah menemukan sesuatu yang cukup menakutkan untuk memaksa mereka bekerja sama.

Gabungan kekuatan Loki, Tesseract, dan gerombolan alien yang menyerang New York City terbukti menjadi pertandingan yang membuat para superhero ini menjadi teman dalam hidup dan di garis depan.

Iron Man 3 (2013)

Film Iron Man ketiga dan terakhir berlangsung enam bulan setelah pertarungan raksasa di New York City. Tony Stark berurusan dengan kenangan pertempuran yang terjadi dan hampir membunuhnya. Kenangan membawanya untuk membangun pasukan setelan Iron Man sehingga dia selalu siap.

Thor: The Dark World (2013)

Film Thor kedua melihat pahlawannya kembali ke Asgard setelah invasi yang dipimpin Loki ke New York City. Namun, dia tidak punya banyak waktu untuk beristirahat, karena Dark Elf kembali. Mereka pernah dikalahkan oleh kakeknya dan dianggap punah. Mereka sekarang dan mencari Aether, senjata ampuh yang diturunkan menjadi Batu Infinity, salah satu dari enam permata kuat di MCU.

Captain America: The Winter Soldier (2014)

Captain America telah bekerja untuk Shield, sebuah badan pemerintah khusus, sejak peristiwa The Avengers. Tetapi dia mendapati dirinya mempertanyakan motif organisasi tersebut saat dia belajar. Selain itu, teman terdekatnya kembali dari kematian dan menjadi musuh yang diperankan oleh Sebastian Stan. Film ini juga memperkenalkan The Falcon yang diperankan oleh Anthony Mackie.

Guardians of the Galaxy (2014)

Guardians of the Galaxy dibintangi oleh Chris Pratt sebagai Peter Quill, seorang pemulung nakal yang menemukan Batu Infinity yang tersembunyi di reruntuhan dunia asing. Dalam berpacu dengan waktu, ia membentuk sekelompok orang buangan yang terdiri dari rakun yang bisa berbicara, Groot si pohon yang bisa berbicara, dan lain-lain. Bersama-sama, mereka harus menghentikan Ronan si Penuduh menggunakan Batu Keabadian.

Guardians of the Galaxy Vol 2 (2017)

Sekuel ini mengambil beberapa bulan setelah aslinya. Peter Quill semakin jatuh cinta pada Gamora karya Zoe Saldana. Dan dia dipaksa untuk menghadapi misteri masa lalunya ketika dia berhadapan dengan entitas seperti dewa yang dikenal sebagai Ego, yang diperankan oleh Kurt Russell. Bagian dari tantangan menempatkan film Guardian of the Galaxy ini di Timeline MCU adalah bahwa mereka tampak terpisah dan semuanya terjadi di luar angkasa.

The Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers bersatu kembali untuk menghadapi kesalahan yang dibuat oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Jika satu versi robot Ultron dibiarkan berdiri, dia bisa terus melawan Avengers. Film ini juga memperkenalkan Avengers baru, The Scarlet Witch (diperankan oleh Elizabeth Olson), Quicksilver (diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson), dan Vision (diperankan oleh Paul Bettany).

Ant-Man (2015)

Ant-Man dibintangi Paul Rudd sebagai pencuri kucing yang direkrut oleh Michael Douglas 'Hank Pym untuk meluncurkan setelan Ant-Man untuk menghentikan teknologi agar tidak menjadi senjata.

Mantan keajaiban Pym (diperankan oleh Corey Stoll) telah menciptakan kembali teknologi dalam bentuk setelan jaket kuning, dan Ant-Man harus melawannya serta akhirnya menyelamatkan hari dalam skala terkecil yang bisa dibayangkan.

Captain America: Civil War (2016)

Meskipun ini adalah film Captain America, Civil War menampilkan hampir setiap Avenger sambil menambahkan dua pemukul berat ke dalam lineup: Black Panther karya Chadwick Boseman dan Spider-Man karya Tom Holland.

Sayangnya, Avengers terpecah menjadi faksi yang berbeda karena Captain America ingin menyelamatkan temannya Bucky Barnes, yang tampaknya bertanggung jawab atas pemboman sesi PBB.

Spiderman: Homecoming (2017)

Web-slinger yang merayap di dinding membuat debut solonya di sini, di mana ia berhadapan dengan Vulture karya Michael Keaton, seorang mandor konstruksi yang menjadi pedagang senjata pasar gelap setelah memulihkan teknologi dari pertempuran New York City di film Avengers pertama. Peter Parker juga menghadapi semua masalah yang muncul sebagai siswa baru di sekolah.

Doctor Strange (2016)

Stephen Strange, diperankan oleh Benedict Cumberbatch, adalah seorang ahli bedah kelas dunia. Strange tidak tertahankan bagi hampir semua orang yang harus berurusan dengannya sampai kecelakaan tragis menghilangkan penggunaan tangannya. Strange kemudian berkeliling dunia mencari obat yang akan mengembalikan penggunaan tangannya - dan dia menemukan jawaban, dalam bentuk sihir kuno.

Black Panther (2018)

Setelah pengeboman PBB di Captain America: The Civil War, T'Challa harus pulang ke Wakanda dan dinobatkan sebagai raja. Sesampai di sana, ia dihadapkan dengan kebijakan isolasi berkelanjutan yang telah membantu melindungi Wakanda.

Dia juga menghadapi kesalahan dari masa lalu ayahnya dalam bentuk Eric Killmonger, yang diperankan oleh Michael B Jordan dan mungkin menjadi penjahat terbaik di film Marvel mana pun.

Thor: Ragnarok (2017)

Film solo ketiga Thor menemukan pahlawan dibuang melintasi ruang angkasa setelah kematian ayahnya dan penghancuran palu oleh saudara perempuannya yang telah lama hilang, Hella, yang diperankan oleh Cate Blanchett.

Dia mendapati dirinya terjebak dalam pertarungan gladiator yang diadu melawan Hulk, yang belum pernah terlihat sejak Avengers mengalahkan Ultron. Bersama-sama, Thor dan Hulk bekerja sama dengan Valkyrie Loki dan Tessa Thompson untuk menghadapi Hella.

Ant-Man and the Wasp (2018)

Scott Lang kembali, tetapi dia telah ditempatkan dalam tahanan rumah setelah perannya dalam Civil War dan berpihak pada Captain Amerika. Dia telah diasingkan dari Hank Pym dan putri Pym, Hope. Tapi dia dengan enggan setuju untuk membantu mereka, berpikir bahwa Pym mungkin bisa mengambil ibu Hope dari Quantum Realm.

Black Widow (2021)

Black Widow mengikuti Natasha Romanov dari Scarlett Johansson selama masa pengasingan dalam hidupnya. Itu terjadi setelah peristiwa Captain America: Civil War, tetapi sebelum Infinity War dan Snap. Itu sedang dibangun sebagai prekuel untuk menjelaskan latar belakang Black Widow.

Kita bisa melihat beberapa teman lama dan keluarganya saat dia menjelajahi masa lalunya, termasuk sosok kebapakan, yang diperankan oleh David Harbour, yang dikenal sebagai Red Guardian. Dia pada dasarnya adalah jawaban Uni Soviet untuk Captain America.

Avengers: Infinity War (2018)

Setelah bertahun-tahun mengatur berbagai hal dari balik layar untuk menemukan semua Infinity Stones, Thanos telah memutuskan untuk mengambilnya sendiri. Satu-satunya hal yang menghalangi jalannya adalah Avengers, yang saat ini tersebar di seluruh alam semesta. Untuk meningkatkan taruhannya, satu-satunya alasan Thanos untuk mencari kekuatan batu.

Avengers: Endgame (2019)

Setelah Thanos mengambil separuh dari semua kehidupan, meninggalkan alam semesta dalam kekacauan total, Avengers harus mencoba memperbaikinya. Lima tahun berlalu dan peluang tipis muncul bagi mereka untuk membatalkan semuanya, tetapi sebelum itu terjadi, Captain America dan Tony Stark perlu berdamai dan menyatukan kembali Avengers untuk terakhir kalinya.

Spider-Man: Far Frome Home (2019)

Far From Home adalah film terakhir dari "Fase Tiga" Marve, dan ini menjadi tampilan pertama kami di MCU pasca-Infinity War, karena kami melihat semua orang yang ditangkap oleh Thanos hidup kembali lima tahun kemudian. Peter Parker yang baru saja dilepas menuju ke Eropa untuk kunjungan lapangan, tetapi dia dikejutkan oleh Nick Fury dan Mysterio Jake Gyllenhaal, yang membutuhkan bantuannya melawan musuh yang dikenal sebagai Elementals.

Shang-Chi dan the Legend of the Ten Rings (2021)

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings berlangsung sekitar November 2024 (waktu sekarang MCU), yang menempatkannya setelah Spider-Man: Far From Home tetapi sebelum Spider-Man: No Way Home yang akan datang. Film ini dibintangi oleh Simu Liu sebagai karakter tituler yang harus berhadapan dengan The Mandarin yang diperankan oleh superstar perfilman Hong Kong, Tony Leung Chiu-wai.

Penggemar Hardcore Marvel juga akan mengenali kembalinya Ben Kingsley, yang memainkan peran Mandarin palsu di Iron Man 3. Kali ini kita bertemu dengan real deal plus beberapa wajah ramah di sepanjang jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya