Ramai Program China Squid's Victory Dituding Plagiat Squid Game

Squid Game dan Squid's Victory.
Sumber :
  • Kbizoom

VIVA – Di tengah popularitas dan kesuksesan serial Korea original Netflix, Squid Game, sebuah acara hiburan baru China menjadi sorotan netizen. Diketahui, baru-baru ini, layanan video streaming online (OTT) China, YOUKU mengumumkan peluncuran program hiburan mereka berjudul Squid's Victory.

Cegah Plagiarisme dengan HAKI

Menurut pengumuman tersebut, Squid's Victory disebut sebagai variety show sosial pertama di China, di mana para peserta menantang permainan masa kanak-kanak yang membutuhkan kekuatan fisik dan kecerdasan.

Program tersebut terlihat mirip dengan konten inti Squid Game yang menggambarkan proses membangun kerja tim sambil menguji kekuatan fisik dan kecerdasan. Demikian dilansir dari laman Kbizoom, Jumat, 22 Oktober 2021.

Film dan Drama Korea yang Akan Tayang di Netflix Sepanjang 2024

Meskipun Squid's Victory hanyalah sebuah judul, netizen tak kuasa untuk tidak membanding-bandingkannya dengan serial Squid Game.

Presiden Resmi Mengundurkan Diri Gara-gara Ujaran Kebencian ke Yahudi

Secara khusus, font dari desain gambar segitiga, persegi empat dan lingkaran yang ditekankan dalam warna pink khas dari Squid Game mengingatkan penonton akan logo aslinya. Ada juga kritik di kalangan netizen China bahwa itu adalah plagiarisme atau parodi.

Beberapa bahkan berkomentar bahwa kru produksi Squid's Victory sengaja menggunakan taktik ini untuk pemasaran dan agar program mereka bisa viral.

Hingga saat ini YOUKU belum mengeluarkan pernyataan khusus terkait kritikan tersebut.

Sementara itu, Netflix, perusahaan OTT Amerika Serikat telah menunjukkan peningkatan pelanggan yang signifikan dan peningkatan kinerja penjualan seperti yang diharapkan. Netflix juga mengatakan bahwa Squid Game menjadi program mereka yang paling populer karena menempati peringkat pertama di 94 negara dan ditonton oleh total 142 juta akun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya