Ridley Road: Serial Drama Cinta dan Sejarah Anti-fasis di Inggris

Ridley Road yang tayang di Mola.
Sumber :

VIVA – Bagi kamu yang suka serial Inggris, baru-baru ini BBC One Inggris merilis mini serial televisi berjudul Ridley Road.Mini serial ini berfokus pada peristiwa nyata pascaperang Inggris menghadapi gerakan Sosialis Nasional yang berkembang sekitar tahun 1960-an.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Ditulis oleh Sarah Solemani, Ridley Road juga diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Jo Bloom. Ridley Road merupakan mini serial yang terdiri dari 4 episode dan sudah bisa kamu tonton di layanan streaming Mola.

Berawal dari pencarian sang kekasih

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Untuk sebuah mini serial, Ridley Road memiliki alur cerita yang menarik dan cukup membuat penonton penasaran. Suasana Inggris tempo dulu sangat terasa di serial ini, terlebih background bangunan dan gaya busana yang ditampilkan membuat serial ini berhasil membawa suasana 1960-an ke layar kaca.

Pada adegan di episode awal, serial ini menampilkan sosok seorang wanita berambut pirang dengan tata rambut yang sempurna diikuti dengan sosok anak kecil yang menyanyikan lagu anak-anak.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Sosok wanita tersebut adalah Vivien Epstein yang diperankan oleh Agnes O’Case. Vivien adalah seorang wanita muda Yahudi yang pindah dari Manchester ke London Timur setelah ayahnya meninggal. Kepindahan Vivien dari Manchester ke London pun timbul akibat konflik dengan ayahnya yang memaksa Vivien menikah dengan pria pilihan ayahnya.

Di sisi lain Vivien memiliki misi untuk mencari kekasih lamanya Jack Morris (yang diperankan oleh Tom Varey). Perjalanan Vivien mencari Jack inilah yang akhirnya mengantarkan Vivien pada petualangan dirinya menghadapi gerakan Sosialis Nasional yakni sebuah gerakan melawan Yahudi.

Sejarah Inggris yang tak banyak diketahui


Meski serial ini bergenre drama thriller, namun cerita dalam Ridley Road cukup kental dengan potongan-potongan sejarah Inggris yang tak banyak diketahui.

Vivien yang mulai menyadari posisinya cukup membahayakan dirinya karena berada di lingkungan anti Yahudi, terpaksa harus mengambil langkah penyamaran ke dalam organisasi National Socialist Movement (NSM) yang merupakan sebuah gerakan melawan Yahudi agar dia bisa melanjutkan misinya menemukan Jack.

Namun, di sisi lain Jack Morris sang kekasih yang dicari-cari oleh Vivien adalah anggota Neo-Nazi Group 62, gerakan yang dibentuk oleh veteran khusus untuk memerangi NSM tetapi kemudian justru memperluas operasi dan menentang semua kelompok sayap kanan.

Dari sini cerita kian pelik. Demi laki-laki yang dicintainya, Vivien rela bergabung dan berperang melawan fasisme. Dia, bahkan melakukan penyamaran dengan nama Jane Carpenter, sedangkan Jack mengubah namanya menjadi Peter Fox.

Dalam sebuah interview, Sarah Solemani mengatakan lewat serial Ridley Road yang ditulisnya, ia juga hendak menyampaikan bahwa kehidupan di Inggris sesungguhnya banyak menyimpan potongan-potongan sejarah yang tak banyak diketahui publik. Vivien adalah sebagian dari mereka.

Wanita muda yang berani ini menjadi sosok pahlawan anti-fasis yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan kini, kisahnya layak diceritakan. “Membawa Ridley Road kepada BBC dan Masterpiece adalah suatu kehormatan,” ucap Sarah.

Bagaimana Vivien mempertaruhkan segalanya demi keyakinannya dan pria yang dicintainya, menggulirkan kisah seru dari satu episode ke episode berikutnya.

Tidak hanya itu, sedikit berbeda dengan novel aslinya, dalam serial televisi ini Bloom menampilkan Vivien sebagai simpatisan sayap kanan yang pemberani, mampu menyusup hingga ke sarang intelijen, dan berhasil melakukannya.

Akhirnya, sosok Vivien memang tak hanya menggambarkan kegigihan dan keberanian wanita muda berusia 20 tahun, namun mengajarkan tentang optimisme.

Para casting utama

Selain alur cerita yang menarik dan menegangkan, melalui serial ini kamu juga diajak untuk menikmati suasana Inggris, tepatnya kota London di masa lalu yang nampak nyata. Ridley Road ini melakukan pengambilan gambar di Northern Quarter Manchester, sebuah area kota yang terletak di antara Piccadilly dan Ancoats.

Tidak hanya dimanjakan dengan latar Inggris dan kota London di masa lalu, Ridley Road juga diperankan oleh para cast yang tak kalah memesona dalam memainkan perannya.

Tokoh utama dari "Ridley Road", Vivien Epstein diperankan oleh aktris pendatang baru, Agnes O’Casey. Agnes O’Casey membuat debut televisinya di serial tersebut, sementara karya sebelumnya berada di panggung produksi dengan sekolah drama Irlandia, The Lir Academy.

Kemudian ada Eddie Marsan sebagai Soly Malinovsky, Tracy Ann Oberman sebagai Nancy Malinovsky, dan Varey sebagai Jack Morris. Kamu juga akan menemukan beberapa wajah yang mungkin kamu kenali dari serial seperti Sex Education dan A Taste of Honey, termasuk Samantha Spiro dan Rita Tushingham.

Jadi untuk menikmati cerita keseluruhan dan peran dari para cast utama Ridley Road kamu bisa menyaksikannya di layanan streaming Mola.

Temukan sendiri jawaban dari kelanjutan perjuangan Vivien dalam menemukan Jack dan penyamarannya sebagai agen anti Yahudi yang menempatkan posisinya pada hidup dan mati. Selamat menonton!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya