Sekolah di AS Larang Murid Pakai Kostum Squid Game saat Halloween

Squid Game.
Sumber :
  • Netflix

VIVA – Beberapa sekolah dasar di New York telah melarang muridnya mengenakan kostum Halloween yang menggambarkan karakter serial Netflix Squid Game. Keputusan itu dibuat untuk menghincari anak dari konten dewasa dan kekerasan.

Serial 3 Body Problem, Petualangan Melintasi Ruang dan Waktu Tayang di Netflix 21 Maret

Seperti yang diketahui, drama Korea Squid Game adalah serial terlaris Netflix yang menceritakan sekelompok orang dewasa yang berjuang secara finansial di Korea Selatan memainkan versi permainan anak-anak yang mematikan dan menelan korban, dengan harapan memenangkan hadiah uang tunai.

Pengawas Distrik Sekolah Fayetteville-Manlius, yang meliputi sekolah dasar Enders Road, Mott Road dan Fayetteville, mengatakan bahwa kepala sekolah "ingin memastikan keluarga kami sadar bahwa tidak pantas bagi setiap murid untuk mengenakan kostum Halloween dari serial ini ke sekolah karena potensi pesan kekerasan yang selaras dengan kostum tersebut."

Tamara Tyasmara Curhat di Medsos: Bersamaku, Kamu Dapatkan Teman hingga Psikopat

Orang tua murid pun telah diberi tahu tentang keputusan itu melalui email, kata juru bicara sekolah.

Di bawah pedoman Distrik Sekolah Fayetteville-Manlius, kostum Halloween dengan barang-barang "yang dapat diartikan sebagai senjata" seperti pedang atau senjata mainan, dan kostum yang "terlalu berdarah atau menakutkan" tidak diperbolehkan di acara-acara sekolah, kata Inspektur Dr. Craig Tice, dikutip dari laman CBS News, Jumat, 29 Oktober 2021.

Film dan Drama Korea yang Akan Tayang di Netflix Sepanjang 2024

Squid Game.

Photo :
  • Netflix

Serial Squid Game sendiri memang diperuntukkan bagi pemirsa dewasa oleh Netflix karena penggunaan bahasa, kekerasan, seks, ketelanjangan, bunuh diri dan merokok. Netflix mengatakan acara itu "mungkin tidak cocok untuk usia 17 tahun ke bawah."

Tice mengatakan, beberapa murid telah memainkan kembali permainan yang ada di serial tersebut saat istirahat, dan kepala sekolah telah meminta keluarga untuk berbicara dengan anak-anak mereka dan "memperkuat pesan sekolah bahwa permainan yang terkait dengan perilaku kekerasan tidak sesuai dimainkan saat istirahat."

Beberapa orang tua mengatakan tindakan keras sekolah terhadap kostum Squid Game adalah  sesuatu yang "sombong".

"Ini kostum," kata salah satu orang tua di Bronx. "Jangan biarkan anak-anakmu menonton pertunjukan."

Squid Game.

Photo :
  • Netflix

Sekolah lain juga telah mengeluarkan peringatan tentang kesesuaian konten acara untuk anak-anak. Awal bulan ini, Sekolah Dasar Terpadu Pusat di Inggris memperingatkan orang tua untuk "berhati-hatilah dengan apa yang diakses anak-anak Anda."

"Dalam serial ini ada pembunuhan massal, penyiksaan dan adegan-adegan yang bersifat seksual," tulis sekolah tersebut di Facebook. "Ini digolongkan sebagai hiper kekerasan dan jelas tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak usia sekolah dasar."

Bay District Schools di Panama City, Florida, mengeluarkan pernyataan serupa.

"Beberapa anak mencoba meniru adegan serial di sekolah, tetapi apa yang terdengar tidak berbahaya sebenarnya tidak berbahaya karena permainan di acara televisi itu termasuk "eliminasi" (kematian) dan kami melihat anak-anak mencoba untuk benar-benar menyakiti satu sama lain atas nama 'permainan' ini," kata distrik tersebut.

"Kami tidak ingin ada yang terluka dan kami tidak ingin menghasilkan rujukan disiplin bagi siswa yang tidak benar-benar mengerti apa yang mereka lakukan kembali," tambah mereka.

Tak hanya di Amerika Serikat, sekolah di Irlandia dan sekolah di Spanyol juga telah melarang kostum Halloween Squid Game.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya