Animasi Balpil Ikut Meriahkan Hari Pahlawan dengan Cara Ini

Animasi Balpil
Sumber :
  • ist

VIVA – Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Peringatan hari tersebut diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Salah satu yang akan memperingati Hari Pahlawan adalah animasi Balpil. Mereka akan merilis animasi episode 3 yang akan menghadirkan banyak pesan positif yang berkaitan dengan jiwa pahlawan.

"Sejalan dengan tema tahun ini Pahlawanku Inspirasiku dari Kemensos, salah satu nilai yang ingin kami sampaikan melalui episode #3 animasi Balpil, mari kita kenang dan hargai para pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa ini, dengan setiap insan menggali jiwa pahlawan dalam diri masing masing," "ujar Holip, Project Director animasi Balpil.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Animasi Balpil

Photo :
  • ist

Animasi Balpil telah hadir sejak 2011. Namun mereka baru menayangkan episode pertama di YouTube pada 17 Agustus 2021. Rencananya, mereka akan mengeluarkan 10 episode pada tahun 2022. Setiap episodenya akan berdurasi minimal 10 menit.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Animasi Balpil menceritakan tentang lima anak SMA, yaitu Agus (fisik), Binsar (intelektual), Edo, Ling-Ling (sosial), dan Made (spiritual). 

Mereka mendapat kiriman sebuah robot A.I. Balpil dari masa depan. Robot Balpil mendampingi para anak tersebut dalam menghadapi tantangan keseharian mereka sebagai anak remaja di Generation Z.

Selain itu, Balpil dan kawan-kawan memiliki tugas mencari dan mencegah sumber ketidakseimbangan yang akan menyulut terjadinya Perang Dunia ke 3.

Pesan edukasi serial ini adalah tentang pentingnya hidup seimbang #fisos yang akan disampaikan dengan ringan dan menghibur, melalui keberagaman dan kekayaan fauna Indonesia.

"Balpil adalah singkatan dari balanced pillar, yaitu pilar keseimbangan. Animasi ini ingin menyampaikan pentingnya setiap insan untuk menjadi sebuah pilar yang kuat dan seimbang. Bagaimana menjadi pilar yang kokoh? Dengan menjaga dan membangun keseimbangan di empat sisi #fisos," kata Holip.

Baru-baru ini, Animasi Balpil berhasil menjadi salah satu Finalis dalam program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2021) di Bogor, Jawa Barat. Program tersebut diadakan oleh Kemenparekraf.

Sandiaga Uno dan Animasi Balpil

Photo :
  • ist

Saat menghadiri ajang pameran kreasi lokal tersebut, Menparekraf, Sandiaga Uno berkomentar mengenai animasi Balpil.

"Kostum-kostum para karakter di animasi ini keren. Proyek IP ini perlu dikembangkan lebih jauh lagi," ujar Sandiaga Uno.

"Semoga masyarakat bisa dan mau mendukung karya karya dalam negeri. Dukungan Kemenparekraf dalam menstimulasi industri kreatif Indonesia, salah satu nya melalui program seperti #aki2021, sangat berguna dan perlu dikembangkan lagi," kata Holip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya